Dokter Berhasil Transplantasi Jantung Babi ke Manusia, Pasien Hidup dan Sehat

Operasi transpalantasi jantung babi ke manusia.
Sumber :
  • Stat News

VIVA Digital - Kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya bidang kesehatan, kembali terbukti.

Sarwendah Jalani Operasi, Sakit Apa?

Untuk kedua kalinya, jantung babi berhasil ditransplantasikan ke manusia yang masih hidup, Pusat Medis Universitas Maryland, Amerika Serikat (AS) mengumumkan pada akhir pekan lalu.

Operasi terobosan ini dilakukan pada 20 September 2023 di UMMC oleh tim transplantasi yang sama yang melakukan operasi eksperimental pertama pada tahun lalu.

Parto Patrio Jalani Operasi Kedua, Istri Banyak Berdoa

Para ahli bedah melakukan prosedur total delapan jam dengan lancar dan tanpa komplikasi.

Dalam siaran persnya, rumah sakit mengatakan sang penerima donor, Lawrence Faucette yang berusia 58 tahun.

Eko Patrio Ungkap Parto Sudah Lama Menahan Sakit hingga Akhirnya Dioperasi

"Saat ini sudah bernapas sendiri, dan jantungnya berfungsi dengan baik tanpa bantuan alat pendukung apa pun," menurut laporan, melansir AP News, Senin, 25 September 2023.

Operasi transpalantasi jantung babi ke manusia

Photo :
  • Stat News

Faucette menderita penyakit jantung stadium akhir.

Dia menderita penyakit pembuluh darah perifer dan komplikasi pendarahan internal yang membuatnya tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung tradisional, kata pihak rumah sakit.

Ia masuk UMMC pada 14 September setelah mengalami gejala gagal jantung.

“Satu-satunya harapan saya yang tersisa adalah menjalani jantung babi, xenotransplantasi,” kata Faucette kepada rumah sakit dalam wawancara internal beberapa hari sebelum operasi.

Operasi xenotransplantasi eksperimental ini mendapat lampu hijau di bawah program “penggunaan penuh kasih” dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS.

Menurut FDA, program ini adalah “jalur potensial bagi pasien dengan penyakit atau kondisi serius atau yang segera mengancam nyawa untuk mendapatkan akses ke produk medis yang sedang diselidiki (obat, biologi, atau perangkat medis) untuk pengobatan di luar uji klinis ketika tidak ada pilihan terapi alternatif yang sebanding atau memuaskan yang tersedia.”

Jantung babi yang digunakan berasal dari babi hasil rekayasa genetika dari Revivcor, anak perusahaan United Therapeutics Corporation.

Babi tersebut memiliki 10 gen yang telah "diedit", termasuk tiga gen yang “dilumpuhkan” atau dinonaktifkan untuk menghilangkan gula alfa gal dalam sel darah babi, yang dapat memicu reaksi parah pada sistem kekebalan manusia, sehingga menyebabkan penolakan organ.

Gen babi tambahan dimodifikasi untuk mengontrol pertumbuhan jantung babi, sementara 6 gen manusia ditambahkan ke dalam genom babi untuk meningkatkan penerimaan oleh sistem kekebalan.

FDA pertama kali menyetujui babi yang diedit gennya pada 2020 untuk potensi penggunaan dan konsumsi terapeutik.

Dokter juga merawat Faucette dengan pengobatan antibodi eksperimental untuk lebih menekan sistem kekebalan dan mencegah penolakan.

Ia akan diawasi secara ketat untuk melihat tanda-tanda penolakan atau perkembangan virus terkait babi. Babi sebagai pendonor juga diperiksa secara ketat untuk mengetahui tanda-tanda virus atau patogen.

“Kami sekali lagi menawarkan pasien yang sekarat kesempatan untuk hidup lebih lama, dan kami sangat berterima kasih kepada Tuan Faucette atas keberanian dan kesediaannya untuk membantu memajukan pengetahuan kami di bidang ini,” kata Dr. Bartley Griffith, yang mana adalah ahli bedah yang melakukan transplantasi dan merupakan profesor bedah di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland.

Rumah sakit mengatakan Faucette sepenuhnya menyetujui pengobatan eksperimental dan diberitahu tentang semua risikonya.

Selain itu, ia menjalani evaluasi psikiatris menyeluruh dan mendiskusikan kasusnya dengan ahli etika medis.

Menurut rilis berita rumah sakit, Faucette adalah ayah dua anak yang sudah menikah dari Frederick, Maryland dan seorang veteran Angkatan Laut selama 20 tahun yang terakhir bekerja sebagai teknisi laboratorium di Institut Kesehatan Nasional sebelum pensiun.

“Kami tidak memiliki harapan selain berharap untuk lebih banyak waktu bersama,” kata istrinya Ann Faucette, dalam rilisnya.

“Itu bisa saja sesederhana duduk di teras depan dan minum kopi bersama.” Saat ini belum ada uji klinis yang memanfaatkan organ babi untuk transplantasi pada manusia hidup. Universitas Maryland melakukan operasi eksperimental pertama pada David Bennett yang berusia 57 tahun pada Januari 2022. Bennett meninggal dunia dua bulan setelah operasi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya