3 Alasan Mengapa Sterilisasi Kucing Begitu Penting

Kucing Maine Coon.
Sumber :
  • Pixabay/Kirgiz03

VIVA Tekno – Apakah kamu tahu bahwa seekor kucing bisa melahirkan lebih dari 15 anak dalam satu tahun? Apakah kamu juga tahu bahwa banyak kucing ditinggalkan setiap tahun atau akhirnya berakhir di tempat penampungan?

Coros Rilis Vertix 2S, Ini Spesifikasi dan Harganya

Karena itulah mengapa sterilisasi kucing adalah tindakan yang bertanggung jawab, baik untuk hewan peliharaanmu maupun masyarakat secara keseluruhan.

Mengapa Sterilisasi Begitu Penting?

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Ilustrasi kucing

Photo :
  • Pixabay/vedanti
Gelombang Cuaca Luar Biasa Panas Melanda Asia Selatan dan Tenggara

1. Mengendalikan Over populasi

Dilansir dari Mondou, alasan pertama mengapa sterilisasi penting adalah karena dapat membantu mengendalikan masalah over populasi kucing yang merajalela dan mencegah perkawinan yang tidak diinginkan.

Jika lebih banyak kucing disterilkan, kita dapat mengakhiri tindakan pengabaian, penyuntikan yang tidak adil, dan mencegah kucing liar yang tidak sehat.

2. Kesehatan Kucing

Kedua, sterilisasi kucing membantu mencegah masalah kesehatan yang berkaitan dengan sekresi hormon seks. Pada betina, sterilisasi mencegah munculnya tumor di kelenjar susu.

Ini juga membantu menghindari infeksi dan tumor di rahim dan ovarium yang dapat muncul nanti dalam hidupnya.

3. Perilaku yang Lebih Baik

Terakhir, sterilisasi membantu menghindari perilaku yang tidak diinginkan tertentu. Sebagai contoh, kucing jantan yang sudah disterilkan cenderung kurang agresif, kurang territorial, lebih sedikit peluang melarikan diri, dan lebih sedikit kemungkinan menandai wilayah mereka.

Kegiatan mereka di malam hari dapat menyebabkan luka, abses, atau virus seperti Leukemia atau imunodefisiensi kucing, yang dapat membuat kucingmu sakit bahkan menyebabkan kematian.

Sterilisasi juga membuat kucing lebih sedikit mengeong secara berlebihan atau kabur selama periode birahi, yang berarti akan ada lebih sedikit "kucing pelamar" potensial di depan pintu rumahmu.

Bagaimana Cara Kerjanya

Ilustrasi kucing

Photo :
  • Animal Library

Untuk kucing jantan muda, kastrasi adalah operasi kecil yang hanya berlangsung beberapa saat. Sterilisasi kucing betina memerlukan anestesi yang sedikit lebih lama sementara dokter hewan mengangkat ovarium dan rahim sepenuhnya. Ini akan menghasilkan beberapa insisi kecil di perut kucing yang harus dihapus 10-14 hari kemudian.

Beberapa Poin Penting

Ilustrasi kucing.

Photo :
  • Pixabay/Schmid-Reportagen
  • Sediakan anggaran untuk vaksinasi, pemasangan mikrochip, dan sterilisasi
  • Sterilisasi disarankan antara lima dan enam bulan usia kucing
  • Berikan makanan berkualitas dan pantau berat badan kucing kamu

Sterilisasi kucing adalah tindakan bertanggung jawab yang membantu mengendalikan populasi, menjaga kesehatan, dan memastikan perilaku yang lebih baik bagi hewan peliharaan Anda. Dengan melakukan sterilisasi, Anda berkontribusi pada kesejahteraan kucing dan masyarakat secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya