Jakarta Siap-siap Menyambut Hari Tanpa Bayangan, Catat Tanggal dan Jamnya

Ilustrasi bayangan.
Sumber :
  • www.pixabay.com/dimitrisvetsikas1969

Jakarta – Fenomena langka, hari tanpa bayangan atau kulminasi akan terjadi di Kota Jakarta. Kulminasi sendiri merupakan fenomena di mana Matahari berada tepat di atas kepala pada tengah hari.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

"Pada saat itu, sudut datang sinar Matahari akan tegak lurus dengan permukaan Bumi, sehingga energi sinar Matahari akan terkonsentrasi pada area yang sempit," keterangan resmi dari BMKG yang dikutip VIVA Tekno, Senin, 9 Oktober 2023. 

Kapan Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Jakarta?

Kapan Bumi Kiamat?

Ilustrasi terkena sinar matahari.

Photo :
  • Pixabay
Matahari Putra Prima Ditinggal Resign 3 Bosnya, Ada Apa?

Lantas, kapan Kota Jakarta akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan? Fenomena hari tanpa bayangan atau kulminasi tersebut akan terjadi di Jakarta pada Senin hari ini.

Menurut Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa, BRIN, hari tanpa bayangan di Jakarta akan terjadi pada pukul 11.40 WIB.

Kota Bogor juga diketahui akan mengalami fenomena serupa, hari tanpa bayangan, pada setelah Kota Jakarta yakni pada Selasa 10 Oktober pukul 11.39 WIB.

Apa yang Akan Terjadi?

Hari Tanpa Bayangan.

Photo :
  • Ngadri/VIVA.co.id

Pada saat tersebut, bayangan objek yang berdiri akan menghilang karena bersinggungan dengan objek itu sendiri. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hal ini akan menyebabkan peningkatan suhu udara melebihi kondisi normal.

Dalam setahun, terjadi dua kali hari tanpa bayangan di Indonesia, yaitu pada saat kulminasi utama. Kulminasi utama adalah peristiwa ketika deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat.

Selain itu, Jakarta dan sekitarnya juga akan berada dalam wilayah potensi kekeringan meteorologis karena dipengaruhi oleh fenomena El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) yang sedang memuncak.

Cara Mengamati Hari Tanpa Bayangan

Hari Tanpa Bayangan.

Photo :
  • Ngadri/VIVA.co.id

Cara termudah bagi masyarakat untuk mengamati hari tanpa bayangan matahari adalah dengan menggunakan objek vertikal seperti tongkat, spidol, atau objek lain yang bisa ditempatkan berdiri.

Tempatkan objek tersebut di permukaan datar dan perhatikan pada waktu yang telah ditentukan untuk memeriksa apakah bayangan benar-benar tidak terlihat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya