Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

Ilustrasi Gerhana Bulan Penumbra.
Sumber :
  • Langitselatan.com

VIVA Tekno – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memaparkan jika Gerhana Bulan Penumbra siap menyapa warga Bumi pada Senin malam ini, 25 Maret 2024.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Fenomena alam tersebut akan berlangsung dalam tiga fase, yakni mulai, puncak, dan berakhir. Durasi Gerhana Bulan Penumbra malam nanti, dari fase gerhana mulai (P1), sampai fase gerhana berakhir (P4) adalah selama 4 jam 43 menit 39 detik.

Gerhana ini terjadi saat posisi Bulan, Matahari, dan Bumi sejajar. Hal tersebut membuat Bulan hanya masuk ke bayangan Penumbra Bumi. Lalu, saat puncak gerhana terjadi, bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

Kapan Bumi Kiamat?

- Fase gerhana mulai (P1) pukul 11.50 WIB / 12.50 WITA / 13.50 WIT.
- Fase puncak gerhana (Puncak) pukul 14.12 WIB / 15.12 WITA / 16.12 WIT.
- Fase gerhana berakhir (P4) pukul 16.34 WIB / 17.34 WITA / 18.34 WIT.

Sebagai informasi, Penumbra adalah bayangan kabur (remang-remang), yang terbentuk selama terjadinya gerhana. Jadi, Bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Fenomena Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Fenomena Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon

Photo :
Kendati demikian, BMKG juga melaporkan bahwa masyarakat di Indonesia bagian timur saja yang dapat mengamati proses Gerhana Bulan Penumbra. Untuk lokasinya di Papua, Papua Barat, dan sebagian Maluku.

Adapun pengamat yang berada di wilayah Indonesia bagian lainnya tidak akan mengamati seluruh fase gerhana. Hal ini dikarenakan Bulan masih di bawah horizon saat peristiwa itu terjadi.

Lokasinya yaitu di Maluku Utara, sebagian Maluku, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Aceh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya