Hati-hati, SIM Swapping is Back

SIM card atau kartu SIM.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Tekno – Penipuan melalui pertukaran SIM alias SIM swapping kembali populer. Metode serangan ini bukanlah hal baru, namun tetap menjadi ancaman nyata karena efektivitasnya.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Serangan SIM swapping menimbulkan bahaya serius bagi bisnis karena memungkinkan pelaku ancaman mendapatkan akses ke komunikasi perusahaan, akun, dan informasi sensitif seperti data keuangan.

Apa itu SIM swapping?

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

SIM swapping adalah metode serangan untuk membajak nomor ponsel dan mentransfernya ke perangkat milik penyerang.

Sederhananya, penyerang tersebut menuju ke kantor operator telekomunikasi, entah bagaimana melakukan manuver kartu SIM baru dengan nomor calon korban, kemudian memasukkannya ke telepon mereka sendiri, dan dengan demikian mendapatkan akses ke komunikasi target.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Biasanya pesan teks yang paling menarik bagi penyerang — khususnya pesan yang berisi kode verifikasi satu kali.

Setelah mendapatkan akses, mereka kemudian dapat masuk ke akun yang terhubung ke nomor telepon dan/atau mengonfirmasi transaksi menggunakan kode yang disadap.

Sedangkan, untuk proses penukaran kartu SIM sendiri, ada berbagai pendekatan yang dilakukan para penjahat siber.

Dalam beberapa kasus, mereka menggunakan jasa kaki tangan yang bekerja untuk operator telekomunikasi. Di negara lain, mereka menipu karyawan dengan menggunakan dokumen palsu atau rekayasa sosial.

Permasalahan mendasar yang memungkinkan terjadinya SIM swapping adalah di dunia sekarang ini, kartu SIM dan nomor ponsel tidak digunakan semata-mata untuk tujuan yang telah ditentukan. Mereka awalnya tidak dimaksudkan sebagai bukti identitas seperti saat ini.

Sekarang, kode satu kali melalui teks adalah cara yang sangat umum untuk keamanan akun, yang berarti bahwa semua tindakan perlindungan lainnya dapat dibatalkan oleh penipu yang mencoba membujuk pegawai toko untuk mengeluarkan kartu SIM baru dengan nomor Anda. Ancaman seperti ini tidak bisa diabaikan.

"Bagi organisasi yang menjadi sasaran, serangan SIM swapping dapat memberikan dampak buruk. Minat penjahat siber terhadap aset kripto terus meningkat karena aset tersebut dapat dibajak dengan relatif mudah dan, yang lebih penting, cepat. Namun, metode ini juga bisa diterapkan pada serangan yang lebih canggih," kata Kaspersky.

Bagaimana mencegahnya?

•    Jika memungkinkan, alih-alih menggunakan nomor telepon, gunakan opsi alternatif untuk menautkan akun Anda.
•    Pastikan untuk mengaktifkan notifikasi tentang login akun, perhatikan baik-baik, dan tanggapi login yang mencurigakan secepat mungkin.
•    Sekali lagi, jika memungkinkan, hindari penggunaan 2FA dengan kode satu kali melalui teks.
•    Untuk kebutuhan 2FA Anda, lebih baik menggunakan aplikasi autentikator dan kunci perangkat keras FIDO U2F — biasa disebut YubiKeys yang diambil dari nama merek paling terkenal.
•    Selalu gunakan kata sandi yang kuat untuk melindungi akun Anda – ini berarti kata sandi yang unik, sangat panjang, dan sebaiknya dibuat secara acak. Untuk membuat dan menyimpannya, gunakan pengelola kata sandi.
•    Dan selalu ingat untuk melindungi perangkat tempat kata sandi disimpan dan aplikasi autentikator dipasang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya