Menyiapkan Jaringan 4G/LTE dan 5G untuk KTT AIS Forum

Cek kecepatan internet dari smartphone.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

VIVA Tekno – Telkomsel ikut menyukseskan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States atau KTT AIS Forum yang berlangsung di Bali pada 10-11 Oktober 2023.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Anak usaha Grup Telkom itu memastikan kesiapan infrastruktur yang mendukung kenyamanan akses komunikasi bagi seluruh perwakilan delegasi.

Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho mengatakan telah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh lokasi rangkaian kegiatan KTT AIS Forum.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Optimalisasi tersebut mencakup Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan Bali International Convention Centre (BICC), serta 9 titik vital lainnya yang menjadi supporting venue.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Kesiapan Telkomsel dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT AIS Forum 2023.

Photo :
  • Dok. Telkomsel

Selain itu, optimalisasi jaringan di Kawasan Nusa Dua dan sekitarnya yang telah dilakukan antara lain dengan meningkatkan cakupan dan kapasitas jaringan dan kualitas konektivitas di 55 BTS 4G/LTE dan 11 BTS 5G eksisting, menambahkan 16 BTS 4G/LTE dan 3 BTS 5G, serta 2 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan 4 unit BTS Easy Macro.

Nugroho juga mengaku menyediakan berbagai produk dan layanan digital unggulan seperti Kartu Prabayar Tourist dengan kuota data hingga 25GB.

"Kami pastikan kesiapan layanan international roaming di Indonesia bagi delegasi KTT AIS Forum tetap menggunakan layanan dari negara asal," ungkap dia, dalam konferensi pers virtual, Senin, 9 Oktober 2023.

Saat ini, menurutnya, Telkomsel telah bekerja sama dengan 382 perusahaan telekomunikasi seluler dari 180 negara di seluruh dunia, di mana 51 perusahaan telekomunikasi tersebut berasal dari seluruh negara delegasi KTT AIS Forum yang akan hadir di Indonesia.

"Kerja sama tersebut mencakup 4G/LTE Roaming Partnership dengan setidaknya satu perusahaan telekomunikasi seluler dari tiap negara, serta 5G Roaming Partnership dengan beberapa negara," jelas Nugroho.

Hingga saat ini, Telkomsel telah menggelar ratusan BTS di kawasan destinasi super prioritas utama, yang mencakup Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang, dengan dukungan jaringan 4G dan 5G terdepan, yang semakin mengakselerasi transformasi digital UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) di sektor pariwisata.

"Kami berharap KTT AIS Forum dapat membuka peluang strategis, terutama dalam mendorong tiga aspek penting yang mencakup pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, serta mempererat solidaritas antara negara pulau dan kepulauan, terutama melalui kolaborasi di sektor pariwisata," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya