China Luncurkan Internet Super Cepat 1,2 Tbps, Jauh Melampaui Perkiraan

Ilustrasi jaringan internet.
Sumber :
  • The Journal

VIVA Tekno – China telah melampaui tenggat waktu global dengan meluncurkan layanan internet generasi berikutnya yang pertama di dunia, 10 kali lebih cepat dibandingkan rute-rute utama yang ada. Dikatakan bahwa ini dua tahun lebih cepat dari prediksi industri. 

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Backbone internet, disebut demikian karena merupakan jalur data utama antar kota yang dapat mengirimkan data dengan kecepatan 1,2 terabit (1.200 gigabit) per detik antara Beijing di utara, Wuhan di Tiongkok tengah, dan Guangzhou di provinsi Guangdong di selatan. 

ilustrasi dunia internet

Photo :
  • Freepik
List of Countries with the Most Widows

Dikutip dari South China Morning Post, jalur tersebut, yang membentang lebih dari 3.000 km (1.860 mil) kabel serat optik, diaktifkan pada bulan Juli dan secara resmi diluncurkan pada hari Senin, 13 November 2023 setelah terbukti andal dan lulus semua uji operasional.

Pencapaian ini merupakan sebuah kolaborasi antara Tsinghua University, China Mobile, Huawei Technologies, dan Cernet Corporation, mematahkan perkiraan para ahli bahwa jaringan berkecepatan ultra-tinggi 1 terabit per detik baru akan muncul sekitar tahun 2025.

Adipati Dolken Berencana Gak Sekolahkan Anak, Netizen Setuju: Gak Kepake Juga Ilmunya

Sebagian besar jaringan backbone internet di dunia beroperasi hanya dengan kecepatan 100 gigabit per detik. Bahkan Amerika Serikat baru saja menyelesaikan transisi ke Internet2 generasi kelima dengan kecepatan 400 gigabit per detik. 

Koneksi Beijing-Wuhan-Guangzhou adalah bagian dari Future Internet Technology Infrastructure (FITI) atau Infrastruktur Teknologi Internet Masa Depan China, sebuah proyek yang dibuat selama 10 tahun dan merupakan versi terbaru dari Jaringan Pendidikan dan Penelitian China (Cernet).

Ilustrasi menggunakan internet.

Photo :
  • Freepik

Pemimpin proyek FITI Wu Jianping dari Akademi Teknik China mengatakan jalur supercepat ini tidak hanya merupakan operasi yang sukses, tetapi juga memberi China teknologi canggih untuk membangun internet yang lebih cepat.

Wakil presiden Huawei Technologies Wang Lei mengatakan pada konferensi pers yang sama di Universitas Tsinghua pada hari Senin bahwa jaringan tersebut mampu mentransfer data yang setara dengan 150 film definisi tinggi hanya dalam satu detik.

Xu Mingwei dari Universitas Tsinghua membandingkan backbone internet baru ini dengan jalur kereta supercepat yang menggantikan 10 jalur reguler yang dulunya membawa jumlah data yang sama. Hal ini membuatnya jauh lebih murah dan lebih mudah untuk dikelola.

Jaringan backbone sangat penting bagi pendidikan dan penelitian nasional, serta kebutuhan transfer data yang berkembang pesat dari aplikasi seperti kendaraan listrik yang terhubung dan tambang yang menggunakan teknologi industri 5G.

“Proyek FITI belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia,” kata Wu dalam rapat kerja pada bulan Mei. 

“Ini terbuka untuk masyarakat dan mampu mendukung uji coba eksperimental struktur jaringan yang inovatif,” imbuhnya.

Dia mengatakan pada pertemuan yang sama bahwa FITI yang dimulai pada tahun 2013 dan didukung oleh pemerintah, dikelola oleh Kementerian Pendidikan, dan dibangun dengan bantuan Universitas Tsinghua dan 40 universitas lainnya akan siap pada akhir tahun ini.

Jaringan backbone baru ini menandai kemajuan lain bagi Cina, yang selama ini khawatir akan ketergantungannya pada Amerika Serikat dan Jepang untuk router dan komponen teknologi internet lainnya.

Semua perangkat lunak dan perangkat keras sistem ini diproduksi di dalam negeri, dan tim peneliti teknis membuat kemajuan dalam segala hal mulai dari router dan switch hingga koneksi serat optik.

Wu dan timnya mengembangkan router supercepat mereka sendiri, yang mampu menangani lebih banyak data dibandingkan sebelumnya. Tim juga mengusulkan teknologi untuk menggabungkan beberapa jalur optik untuk meningkatkan batas atas transmisi data.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya