BMKG Pakai Fitur WhatsApp Ini, Mark Zuckerberg Umumkan Kabar Gembira

Avatar Pendiri Meta Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • Mark Zuckerberg

VIVA Tekno – CEO Meta Group Mark Zuckeberg mengumumkan bahwa Fitur "Saluran" atau "Channels" yang sudah tersedia di aplikasi pesan instan WhatsApp saat ini sudah memiliki lebih dari 500 juta pengguna bulanan.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Dalam siaran pers resmi WhatsApp, Fitur "Saluran" diklaim telah banyak membantu penggunanya untuk mendapatkan informasi terbaru yang diinginkan dari tim, organisasi, maupun tokoh favorit pengguna secara langsung.

Fitur ini menjadi layanan terpisah yang bisa diikuti pengguna dan tidak terhubung dengan percakapan pribadi yang dijumpai pengguna sehari-hari. Dengan demikian saluran yang diikuti pengguna tidak dapat dilihat oleh pengguna lainnya.

Gempa Bumi 6,5 SR Guncang Garut, Terasa Hingga Jabodetabek

Saluran atau Channels, yang dikenalkan pada September 2023, kini telah diperbarui dan opsi "Stiker" kini telah tersedia untuk digunakan di saluran.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Channels WhatsApp

Photo :
  • META

Di Indonesia, WhatsApp mendapatkan respons positif dari pengguna yang merasa senang dapat menerima pembaruan dari saluran favorit mereka. Para Admin Saluran juga memanfaatkan kesempatan ini untuk berkomunikasi secara lebih dekat dengan pengikut mereka.

Beberapa saluran yang diminati oleh para pengguna meliputi atau Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), NBA Indonesia, Masak.TV, dan masih banyak lagi.

Admin-admin saluran tersebut telah menggunakan Fitur "Saluran" untuk berbagi informasi terbaru dengan para pengikutnya sejak pertama kali diluncurkan.

Ilustrasi BMKG mendeteksi dini potensi cuaca

Photo :
  • ANTARA/HO-BMKG

Sebelumnya, aplikasi pesan instan milik Meta ini memperkenalkan Fitur Obrolan Suara (Voice Chat Feature) – sebuah cara baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan grup yang besar.

Mulai dari momen seru dalam pertandingan sepak bola hingga berbagi berita dengan keluarga besar. Obrolan Suara dimulai dengan munculnya gelembung dalam chat (in-chat bubble) yang bisa diketuk oleh pengguna untuk dapat segera bergabung.

Hal ini yang membedakan dari panggilan grup yang berdering ke semua anggota. Meski begitu, kendali panggilan juga tetap berada di bagian atas chat, sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan cepat membisukan, menutup, atau mengirim pesan ke grup tanpa harus meninggalkan percakapan yang sudah ada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya