Suara Ikan Paus Diyakini Sebagai Pintu Masuk Bahasa Alien

Suara Ikan Paus diyakini sebagai pintu masuk bahasa alien.
Sumber :
  • VIVA/Deddy Setiawan

Jakarta – Ikan paus kerap memiliki suara unik yang menarik untuk dipelajari. Saking uniknya, suara dari mamalia terbesar di Bumi itu diklaim dapat menjadi awal untuk mempelajari bahasa alien.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Dilansir dari Discover Magazine, Selasa, 28 November 2023, para peneliti yakin jika suara ikan paus merupakan pintu masuk untuk berkomunikasi dengan makhluk asing yang ada di luar angkasa, yakni alien.

Ilustrasi ikan paus.

Photo :
  • Pixabay
CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Lebih lanjut, para peneliti dari Cetacean Translation Initiative (CETI) di Republik Dominika, bahkan sudah menjadikan paus sebagai objek penelitian utama. Mereka melihat paus memiliki budaya dan kecerdasan yang mirip dengan manusia dibandingkan hewan lainnya.

"Ikan paus sangat menarik untuk mencari tahu makna dari komunikasi yang tidak diproduksi manusia," jelas Pendiri CETI, David Gruber.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Laurence Doyle dari Search for Extraterrestrial Intelligence Institute (SETI) mengatakan ikan paus merupakan kelompok hewan yang kompleks dan cerdas. Mereka berkomunikasi bukan melalui ekspresi wajah dan gerak tubuh, namun dengan mengirimkan sinyal melalui lautan.

Cara itu bisa dianalogikan dengan kemungkinan manusia mengirimkan pesan melintasi ruang angkasa. Dari situlah Laurence Doyle menyadari bahwa mempelajari komunikasi paus dapat mengajarkan manusia banyak hal tentang bagaimana berkomunikasi atau mengirimkan pesan ke alien.

Saat ini disebutkan Discover Magazine, Laurence Doyle dan rekan-rekannya tengah berupaya meneliti suara-suara dari ikan paus. Proses itu kemudian akan digabungkan dengan teori informasi untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kompleksitas suara, aturan, dan pola dari suara paus.

Suara Ikan Paus diyakini sebagai pintu masuk bahasa alien.

Photo :
  • VIVA/Deddy Setiawan

"Upaya ini tentu bukan unutk menerjemahkan apa yang dikatakan ikan paus. Tapi ini bisa membantu kita memahami jenis kecerdasan lain dan cara komunikasi yang berbeda," jelas Laurence Doyle.

Setidaknya menurut Discover Magazine upaya yang dilakukan Laurence Doyle bisa menjadi persiapan yang sangat berharga untuk berkomunikasi secara damai dengan makhluk cerdas di tempat lain yang tinggal di galaksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya