Surat Edaran AI Harus Perhatikan Inovasi dan Daya Kompetisi

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Tekno – Surat edaran panduan penggunaan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dipandang perlu memperhatikan perkembangan inovasi dan daya kompetisi produk anak bangsa.

Banyak Pilihan Inovasi Generative AI NVidia

"Kita menampung sejumlah saran dan rekomendasi dari pemangku kepentingan. Antara lain penyusunan surat edaran AI ini perlu memperhatikan perkembangan inovasi dan daya kompetisi produk anak bangsa, sehingga dapat menciptakan kebijakan yang pro-inovasi," ujar Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria di Jakarta, Senin, 27 November 2023.

Terkait masukan tersebut, Nezar menegaskan bahwa Kemenkominfo berkomitmen memberikan dukungan yang penuh terhadap produk anak bangsa dalam melakukan inovasi. Hal itu, kata dia, juga untuk memastikan pengembangan AI di Indonesia tetap relevan dengan pertumbuhan inovasi global.

Kemenkominfo Gelar Pesta Rakyat "Welcoming Gen-Alpha Chance and Challenge in Digital Era"

Wamenkominfo Nezar Patria.

Photo :
  • Dok. Kominfo
840 Ribu Orang Indonesia akan Digembleng

"Jadi, kita selalu sejalan dengan perkembangan-perkembangan global dalam soal pemanfaatan AI," katanya. Kemenkominfo menggelar Focus Group Discussion (FGD) "Kebijakan Teknologi Kecerdasan Artifisial di Indonesia" hari ini.

Acara tersebut dihadiri oleh 43 pemangku kepentingan, seperti kementerian/lembaga terkait, lembaga independen, akademisi, asosiasi, industri, dan organisasi internasional.

Pentingnya penentuan posisi Indonesia dalam pengembangan AI juga menjadi masukan dalam FGD tersebut. Dengan penentuan yang tepat, potensi pengembangan AI dapat dimaksimalkan secara objektif sesuai sektor yang dikembangkan.

Pengembangan dan pemanfaatan AI juga dinilai harus dibarengi dengan penyusunan regulasi ekosistem yang bersifat transparan, akuntabel dan adil, dengan tetap menekankan pada prinsip human centric (berpusat pada manusia) dan explainability (dapat dijelaskan).

Pembahasan selanjutnya terkait dengan pelaksanaan dan tanggung jawab kecerdasan buatan. Kolaborasi dan komitmen multi pemangku kepentingan dianggap kunci untuk menyusun kebijakan yang ideal.

Selanjutnya, terdapat masukan mengenai kebutuhan untuk merespons potensi tantangan dan risiko AI melalui penegasan pelaksanaan edukasi, tidak hanya oleh pemerintah, tapi juga pengembang atau penyedia AI baik dari sektor publik dan juga privat.

"Hal ini mengingat terdapat kebutuhan peningkatan pemahaman bagi para pengguna AI karena implikasi sosial AI yang cukup signifikan," kata Nezar Patria.

Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Photo :
  • VIVA.co.id/Afra Augesty

FGD tersebut juga membahas tentang pentingnya surat edaran etika kecerdasan buatan sebagai panduan kepatuhan regulasi dan tanggung jawab bagi pengembang dan penyedia AI.

Ditekankan bahwa pengaturan yang jelas perlu diterapkan untuk memberikan kepastian dan menjadi panduan siap pakai bagi pemangku kepentingan di ekosistem AI.

"Kami harap dapat memantik diskusi tata kelola AI di berbagai elemen masyarakat dan masukan yang kami terima hari ini akan menjadi pertimbangan dalam menyusun kebijakan-kebijakan berikutnya," ucap Wamenkominfo.

Nezar Patria menilai ke depan sudah perlu dipikirkan aturan mengenai AI yang mengikat secara hukum, yang berorientasi pada perlindungan pengguna dan masyarakat luas serta mempertimbangkan keselamatan dan keamanan.

Dalam waktu dekat Kemenkominfo juga akan mengadakan seminar terbuka untuk membahas AI serta surat edaran yang drafnya sedang disusun itu, sehingga optimalisasi pemanfaatan AI dapat kita berdayakan untuk mewujudkan Indonesia yang terkoneksi makin digital, makin maju.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya