Bahaya Mengintai Astronot Pria

Para kru Astronot Apollo 7.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Paparan radiasi kosmik dan tekanan di ruang angkasa dapat meningkatkan risiko astronot mengalami disfungsi ereksi, menurut penelitian yang dilakukan pada tikus.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Dilansir dari Live Science, Kamis, 30 November 2023, dalam percobaan di laboratorium, paparan tikus jantan terhadap simulasi radiasi kosmik galaksi (GCR) dan tanpa bobot mengganggu fungsi jaringan ereksi di penis, menurut sebuah studi baru di The FASEB Journal.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Rayyanah Barnawi, astronot wanita pertama asal Arab Saudi.

Photo :
  • Al Jazeera

Efek-efek ini teramati bahkan setelah masa pemulihan selama setahun, menunjukkan bahwa eksplorasi luar angkasa dapat memberikan dampak kesehatan jangka panjang bagi para astronot.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Dengan misi berawak ke luar angkasa yang direncanakan untuk tahun-tahun mendatang, "penelitian ini menunjukkan bahwa kesehatan seksual harus dipantau secara ketat pada astronot sekembalinya mereka ke Bumi," kata salah satu penulis studi senior Justin La Favor, asisten profesor yang mempelajari disfungsi neurovaskular di Florida State University, kepada Live Science melalui email.

Ketika industri antariksa bersiap untuk mengirim astronot mengelilingi bulan pada awal tahun 2024 dan ke Mars pada tahun 2040, lebih banyak perhatian diberikan pada potensi dampak jangka panjang eksplorasi antariksa terhadap tubuh manusia.

Selama misi tersebut, para astronot akan terpapar pada kondisi tanpa bobot karena rendahnya tingkat gravitasi di luar angkasa, serta tingginya tingkat GCR.

Di Bumi, atmosfer planet yang tebal membantu membelokkan GCR - partikel subatomik yang energik - kembali ke ruang angkasa, melindungi kehidupan di bawahnya. Namun di luar angkasa, perlindungannya lebih sedikit, sehingga para astronot lebih terpapar oleh efeknya.

Sebagai contoh, tinggal selama enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional akan memberikan para astronot dosis radiasi dari sinar kosmik yang setara dengan sekitar 25 kali masa hidup di permukaan Bumi, demikian yang dilaporkan oleh Live Science. Paparan GCR yang tinggi dapat menyebabkan kanker tertentu, kerusakan neurologis, dan penyakit kardiovaskular.

Astronot termuda China

Photo :
  • Al Jazeera

Baik GCR maupun bobot "dikaitkan dengan hasil kesehatan yang buruk, meskipun efek pada fungsi ereksi sebelumnya belum diselidiki," kata La Favor.

Di Bumi, disfungsi ereksi - ketidakmampuan untuk membangun dan mempertahankan ereksi - mempengaruhi lebih dari separuh pria berusia antara 40 dan 70 tahun. Oleh karena itu, efek eksplorasi ruang angkasa dapat menjadi pertimbangan penting bagi para astronot pria, terutama jika kondisi ini berlanjut dalam jangka panjang.

Selama empat minggu, para penulis studi baru ini mengekspos 86 tikus jantan dewasa untuk melakukan hindlimb unloading, sebuah cara eksperimental untuk mensimulasikan ketidakberdayaan dengan mengangkat mereka dengan ekornya sehingga mereka digantung dengan kepala menunduk pada sudut 30 derajat, atau sebuah kontrol yang memungkinkan mereka untuk menyentuh lantai.

Bongkar muat Hindlimb meniru dua efek fisiologis utama dari gravitasi rendah, yaitu bahwa hewan tidak menanggung beban sehingga tidak ada resistensi pada otot dan tulang mereka, dan meniru pergeseran cairan tubuh dan tekanan yang terjadi tanpa adanya gravitasi, kata La Favor.

Pada saat yang sama, dengan menggunakan simulator GCR berbasis darat di Laboratorium Radiasi Antariksa NASA di New York, tikus-tikus tersebut terpapar satu dosis radiasi kosmik dalam jumlah rendah atau tinggi.

Sekitar 12 hingga 13 bulan kemudian, para penulis melakukan eutanasia pada tikus dan mengambil sampel dari corpus cavernosum, jaringan ereksi penis dan arteri pudendal internal, arteri utama yang mengatur aliran darah ke dalam penis selama ereksi.

Mereka menemukan bahwa GCR, dan pada tingkat yang lebih rendah, mengganggu fungsi kedua jenis jaringan tersebut terutama dengan meningkatkan stres oksidatif - ketika terjadi penumpukan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel.

Percobaan lanjutan, bagaimanapun, menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk menangkal beberapa efek yang disebabkan oleh GCR dengan menggunakan beberapa jenis antioksidan.

Penelitian ini hanya mempertimbangkan efek kesehatan dari GCR dan ketidakberdayaan setelah periode pemulihan yang panjang, sehingga ada kemungkinan bahwa efek jangka pendeknya bisa lebih parah, tulis para penulis dalam makalah tersebut.

Ke depannya, para penulis ingin melihat lebih jauh penyebab pasti dari efek yang diamati dan menyelidiki cara-cara untuk mencegahnya. Astronot perempuan juga akan ikut dalam misi yang akan datang, jadi penting juga untuk menyelidiki potensi dampak eksplorasi luar angkasa terhadap fungsi seksual mereka, tulis mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya