Presiden Joko Widodo Akan Meresmikan BTS 4G, Kata Menkominfo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers dari Washington DC, AS.
Sumber :
  • Setpres

VIVA Tekno – Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi memastikan Presiden Joko Widodo akan meresmikan pembangunan base transceiver station (BTS) generasi keempat (4G) yang dikerjakan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kemenkominfo pada 28 Desember 2023.

UU DKJ Resmi Diteken Jokowi, Jakarta Masih Ibu Kota Negara

"Pokoknya, Presiden (Joko Widodo) bakal melakukan peresmian pembangunan BTS 4G BAKTI Kemenkominfo tanggal 28 Desember 2023 di Talaud, Sulawesi Utara," kata Menkominfo.

Adapun BTS 4G untuk wilayah Terdepan, Tertinggal, Terluar (3T) yang akan diresmikan ini sebelumnya sempat tertunda pengerjaannya karena tersandung masalah korupsi dan diproses ke meja hukum.

Giliran Bos Microsoft Satya Nadella Mau Sowan ke Jokowi

Minister Budi Arie Setiadi

Photo :
  • Press Release

Meski begitu, lanjut Budi Arie, penyegaran struktur baru dan pembentukan Satuan Tugas atau Satgas BAKTI Kemenkominfo yang tidak hanya berisikan perwakilan dari mereka, tapi juga perwakilan Kejaksaan Agung (Kejagung), hingga Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dilakukan.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Di bawah binaan Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Wamenkominfo Nezar Patria, pembangunan BTS 4G yang terkendala itu segera dikebut oleh BAKTI Kemenkominfo.

Pembangunan BTS 4G tersebut diselesaikan dengan pembiayaan yang berasal dari dana APBN serta Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dikelola Kemenkominfo.

Sebelumnya, Kemenkominfo memastikan ada sebanyak 4.988 BTS 4G dari BAKTI yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Wamenkominfo Nezar Patria.

Photo :
  • Dok. Kominfo

Dalam perencanaan itu, diketahui peresmian BTS akan dilakukan di 26 lokasi pembangunan BTS 4G dengan melakukan konferensi video untuk menguji keandalan jaringan.

Rinciannya, 4.988 BTS berasal dari total 5.618 BTS yang seharusnya dibangun BAKTI Kemenkominfo. Adapun sisanya 630 BTS yang belum terbangun diketahui terkendala oleh kondisi geografis dan tantangan lainnya seperti keamanan yang belum optimal.

Meski demikian, pembangunan 630 BTS untuk lokasi yang belum optimal tersebut akan diupayakan bisa terpenuhi di 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya