Lagi Ngetren Nih, Karaoke Bisa Turunkan Berat Badan

Karaoke jadi tren diet menurunkan berat badan di China.
Sumber :
  • TikTok @candiselin86

VIVA – Siapa sangka, ternyata karaoke tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga tren baru untuk diet menurunkan berat badan di China.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Gen Z di sana diketahui memilih menyanyi sebagai cara yang efektif untuk membakar kalori ekstra. Dr. Candise Lin, seorang pengguna TikTok, baru-baru ini berbagi fenomena unik ini dalam video singkatnya.

Dalam video tersebut, Dr. Candise menjelaskan betapa mudah dan terjangkaunya cara ini untuk menurunkan berat badan. Ia menunjukkan tangkapan layar dari pengguna media sosial China yang pergi ke tempat karaoke sendirian untuk mengulas pengalaman menurunkan berat badannya.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Ilustrasi karaoke/microphone.

Photo :
  • Pixabay/Pexels
Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Hasilnya sungguh mengagumkan, seorang pengguna berhasil membakar lebih dari 400 kalori dalam 90 menit, dan setelah bernyanyi selama tiga jam, total kalori yang terbakar mencapai 781 kalori.

Ada juga yang mencapai pencapaian luar biasa dengan membakar lebih dari 1.000 kalori setelah bernyanyi selama hampir lima jam.

Terkait dengan hal tersebut, Dr. Candise pun menjelaskan bahwa bernyanyi adalah bentuk aktivitas aerobik, bahkan jika kamu duduk, jadi kamu dapat melibatkan kelompok otot besar di bagian atas tubuh, seperti dilansir dari asiaone

Karaoke jadi tren diet menurunkan berat badan di China

Photo :
  • TikTok @candiselin86

Fenomena ini tidak hanya terbatas pada satu atau dua orang. Banyak yang membagikan hasil pengukuran kalori mereka di media sosial, bahkan memberikan informasi seberapa banyak kalori yang bisa terbakar setiap kali menyanyikan lagu tertentu. Sebagai contoh, lagu "My Heart Will Go On" oleh Celine Dion diklaim bisa membakar 13,5 kalori.

Namun, pertanyaannya, apakah studio karaoke akan menggantikan tempat kebugaran? Menurut Dr. Candise, ruang karaoke di China dapat ditemui dengan harga kurang dari USD$2 atau sekitar Rp28.500 pada hari kerja antara pukul 12 siang hingga 6 sore. Dengan harga yang terjangkau itu, tampaknya bisa menjadi alternatif yang lebih murah daripada menjadi member di tempat gym.

Meskipun ada beberapa pandangan skeptis yang menyebut bahwa bernyanyi mungkin tidak efektif untuk menurunkan berat badan, tetapi bagi banyak orang, ini bukan hanya tentang membakar kalori. Menyanyi juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental, seperti yang dilaporkan dari Healthline.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya