Layanan Baru Telkomsel dan Google Bidik Pengguna Android

Direktur Perencanaan dan Transformasi Telkomsel Wong Soon Nam.
Sumber :
  • Telkomsel/VIVA

VIVA Tekno – Telkomsel mengumumkan kemitraan strategis dengan Google untuk menghadirkan layanan Rich Communication Services (RCS) dengan Rich Business Messaging (RBM) inovatif yang bertujuan meningkatkan pengalaman komunikasi pelanggan dan menyajikan solusi pesan singkat yang lebih canggih dan kaya akan fitur.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Sebagai standard layanan komunikasi seluler terkini, RCS memungkinkan pelanggan Telkomsel untuk meningkatkan layanan Short Messaging Service (SMS) dengan tingkat interaktivitas yang lebih tinggi, berbagi konten multimedia berkualitas tinggi, serta berpartisipasi dalam obrolan grup yang lebih dinamis.

Kemitraan Telkomsel dan Google.

Photo :
  • VIVA/Lazuardhi Utama
7 Rahasia Google

Layanan ini juga mencakup dukungan penuh untuk tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan. Direktur Perencanaan dan Transformasi Telkomsel Wong Soon Nam menjelaskan bahwa kolaborasi tersebut menciptakan nilai tambah yang berdampak positif secara inklusif dan berkelanjutan bagi ratusan juta pelanggan.

"Kolaborasi dengan Google untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui kehadiran layanan RCS dengan RBM merupakan komitmen dalam menyediakan solusi khusus melalui teknologi terkini kepada para pelanggan bisnis di Indonesia," kata dia di Jakarta, Senin malam, 29 Januari 2024.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Pelaku bisnis dapat menggunakan semua fitur komunikasi canggih yang disediakan dalam RCS untuk menyampaikan RBM kepada pelanggan dengan use-case spesifik sesuai kebutuhan mereka.

Layanan RBM akan tersedia untuk pelanggan Telkomsel di Indonesia dan bagi pelanggan pemegang saham Telkomsel, Singtel, di Singapura dengan mempertimbangkan ketersediaan perangkat yang sudah mendukung teknologi ini.

Sementara itu, Vice President of Digitalisation, Products, and Partnerships of Singtel Singapore Terence Lai Tuck Leong mengaku selalu mencari platform dan layanan baru inovatif yang dapat membantu perusahaan meningkatkan kinerja bisnis dan interaksi dengan pelanggan.

"Dengan platform ini, kami membuka peluang bagi bisnis dari berbagai ukuran dan sektor untuk menjangkau sejumlah besar pelanggan Android yang terus berkembang, menawarkan solusi dan layanan mereka, serta melayani mereka dengan lebih baik," tuturnya.

Director, Android and Business Communication Product Google, Jason Choy.

Photo :
  • Dok. Telkomsel

Sedangkan Director, Android and Business Communication Product Partnerships, International Google Jason Choy mengapresiasi kerja sama dengan Telkomsel untuk membawa layanan RCS kepada para pengguna di Indonesia.

"Kami berharap layanan ini dapat mendukung transformasi digital di berbagai jenis bisnis serta membuka peluang baru bagi inovasi bisnis di masa depan," papar dia.

Sejak 2016, Telkomsel telah menyatakan dukungannya terhadap Global System for Mobile Communications Association (GSMA) dalam mendorong adopsi RCS, yaitu kemampuan Profil Universal (UP) RCS dari GSMA untuk menyediakan layanan pesan terbuka, konsisten, dan global di seluruh jaringan dan perangkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya