Pria Ini Digelari Presiden Terburuk Dalam Sejarah

Ilustrasi sejarah.
Sumber :
  • Antara/ Arief Priyono

Washington DC – Donald Trump ditetapkan sebagai presiden Amerika Serikat terburuk dalam sejarah, menurut survei akurat terbaru. 

Siasat Licik Israel Sabotase Iran Dibongkar Media Amerika

Donald Trump berada di urutan ke-45 dan berada di posisi terbawah dalam daftar peringkat presiden-presiden AS berdasarkan peringkat kehebatannya. 

Bagian ketiga dari “Proyek Kehebatan Presiden”, yang ditulis oleh profesor ilmu politik Universitas Houston Brandon Rottinghaus dan profesor ilmu politik Universitas Coastal Carolina Justin Vaughn, meminta para akademisi terkemuka untuk memberi peringkat masing-masing dari 45 orang yang telah menjabat sebagai presiden, sejak George Washington hingga Joe Biden

Soal Pertemuan Jokowi-Megawati, Istana: Presiden Terbuka untuk Bersilaturami

George Washington

Photo :
  • businessinsider.com
Lebaran Hari Kedua, Jokowi Ajak Cucu Main dan Sapa Warga Medan

Survei ini didasarkan pada 154 tanggapan dari para pakar dari berbagai disiplin ilmu, yang semuanya, dalam satu atau lain cara, terlibat dalam politik kepresidenan melalui pekerjaan mereka. 

Survei-survei sebelumnya dirilis pada tahun 2015 dan 2018. 

Responden pada tahun ini diminta untuk mengurutkan semua orang yang pernah menjabat sebagai presiden dalam skala 0-100, dengan 0 berarti gagal dan 100 berarti hebat. 

Trump berada di peringkat terakhir, dengan skor hanya 10,9/100, posisi yang sama yang ia tempati dalam survei sebelumnya (ia tidak diikutsertakan dalam survei pertama, yang dilakukan pada masa kepresidenan Barack Obama). 

Dia juga dianugerahi presiden “paling terpolarisasi” dalam jajak pendapat tersebut. 

Sementara itu, Abraham Lincoln menduduki peringkat teratas dalam peringkat presiden, sebagai presiden terhebat di negara itu, dengan skor rata-rata 93,9/100. 

Franklin D. Roosevelt berada di urutan kedua, diikuti oleh presiden pertama Amerika, George Washington. Tempat keempat ditempati oleh Theodore Roosevelt dan tempat kelima ditempati oleh Thomas Jefferson. 

Sementara itu, Presiden Joe Biden berada di peringkat 13 oleh Partai Demokrat dan berada di peringkat 30 oleh Partai Republik. 

Rottinghaus dan Vaughn mengatakan bahwa peringkat Biden mungkin dipengaruhi oleh anggapan dia sebagai penghambat terbesar Trump.

"Pencapaian Biden yang paling penting mungkin adalah ia menyelamatkan jabatan kepresidenan dari Trump, melanjutkan gaya kepemimpinan presiden yang lebih tradisional, dan bersiap untuk melepaskan jabatan tersebut dari tangan pendahulunya pada musim gugur ini,” tulis mereka dalam sebuah artikel untuk Los Angeles Times, dilansir Rabu, 21 Februari 2024. 

Mantan Presiden AS Donald Trump

Photo :
  • Twitter

Vaughn mengatakan bahwa survei tersebut “menangkap gambaran singkat pada waktunya,” yang menunjukkan bagaimana pandangan terhadap seorang pemimpin tertentu dapat berkembang.

Meskipun tidak ada satu pun akademisi yang mengetahui secara langsung kepresidenan Lincoln, semua responden tentu saja memiliki gambaran yang cukup baik tentang apa yang disampaikan oleh masa jabatan Trump, dan kini pada pemerintahan Biden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya