Mendidik Masyarakat Lewat Literasi Digital

Ilustrasi jaringan internet.
Sumber :
  • The Journal

VIVA Tekno – Perkembangan digitalisasi sangat cepat sejak pandemi Covid-19. Meski begitu, perusahaan tetap harus selektif dan tepat guna pemanfaatannya dalam mendukung pertumbuhan bisnis.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Telkomsel Orbit adalah layanan internet rumah yang menggunakan perangkat modem WiFi dengan kualitas jaringan nirkabel dari seluler, serta paket data yang bisa digunakan tanpa perlu berlangganan alias prabayar.

Layanan tersebut hadir untuk memberikan solusi konektivitas yang lebih cerdas, cepat, dan bisa diandalkan. Jadi, layanan ini bisa menjadi solusi internet rumah serba digital yang berbasis jaringan 4G LTE dan hanya perlu memasang SIM card Telkomsel.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Menurut laporan Status Literasi Digital di Indonesia 2023 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC), kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara umum kian membaik dalam tiga tahun terakhir, dengan nilai total indeks literasi digital Indonesia pada 2023 berada di level 3,65 dari skala 1-5 poin.

Kini, anak usaha Telkom tersebut menyerahkan paket bantuan internet rumah Telkomsel Orbit ke beberapa sekolah di Papua, untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar (KBM).

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

"Langkah nyata ini juga perwujudan komitmen Telkomsel sebagai penggerak dampak sosial dan lingkungan yang mengedepankan prinsip environmental, social, and governance (ESG) dalam proses bisnis berkelanjutan perusahaan," kata Vice President Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel Saki Hamsat Bramono.

Hal tersebut selaras dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dari Kemenkominfo yang bertujuan mendidik masyarakat Indonesia di bidang literasi digital dalam upaya menanggulangi penyebaran konten negatif, serta cakap digital.

VP Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel Saki Hamsat Bramono.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VP Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel Saki Hamsat Bramono.

Photo :
Tidak hanya menyalurkan modem Telkomsel Orbit, tapi juga donasi sepatu bagi para pelajar yang membutuhkan di Papua. Adapun produksi sepatunya dilakukan dengan berkolaborasi bersama
brand
lokal "Polos Made by You", sebagai bentuk dukungan Telkomsel dalam mendorong kemajuan ekonomi kreatif dan produk UMKM lokal.

Pendistribusian Telkomsel Orbit dan ratusan sepatu ini dilakukan secara bertahap mulai Maret 2024 ke sejumlah sekolah di sekitar Jayapura, Timika, dan Sorong, yakni SD Inpres Toghompatu, SD Inpres Kibay Arso Timur, SD dan SMP Satu Atap Pomako Timika, SD YPPK TIPUKA (Mapurujaya) Timika, SD Inpres Timika 7 (Mulia Kencana, SP 7), hingga SMA Negeri 7 Kabupaten Sorong.

Penyerahan donasi merupakan bagian dari rangkaian program donasi melalui penukaran Telkomsel Poin pelanggan yang dilakukan selama periode Desember 2023 hingga Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya