Elon Musk Jangan PHP Indonesia Lagi

Elon Musk.
Sumber :
  • WIRED

VIVA Tekno – Pendiri SpaceX dan Tesla Elon Musk diagendakan hadir di Bali, Indonesia dalam rangka mengikuti World Water Forum atau WWF ke-10 pada Minggu, 19 Mei 2024.

Elit PDIP Sindir Jokowi, Projo: SIkap Baperan yang Berkelanjutan

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (LBP).

Selama di Pulau Dewata, Elon Musk akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meresmikan peluncuran layanan penyedia jaringan internet Starlink sekaligus pemasangan satelit tersebut di salah satu pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kota Denpasar.

Penampakan Sapi Kurban Jokowi di Binjai, Berbobot 860 Kg dengan Harga Rp 90 Juta

Namun demikian, tahukah Anda jika pria keturunan Afrika Selatan ini dua kali mem-PHP (pemberi harapan palsu) Indonesia?

Jokowi Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online, Dipimpin Menkopolhukam

Tesla

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Tesla

Photo :
Berdasarkan data VIVA Tekno, Elon Musk batal datang ketika pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok 20 Negara atau KTT G-20 yang juga digelar di Bali pada November 2022.

Padahal, ia sudah berjanji akan datang ke Indonesia dan menjadi salah satu pembicara tentang disrupsi inovasi teknologi global masa depan (Navigating Future Disruption of Global Technological Innovation).

Alasan pembatalan karena dirinya sedang mengurus Twitter, sekarang bernama X. Kemudian, PHP berikutnya adalah Elon Musk batal bangun pabrik Tesla.

Hal itu juga diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) pada pertengahan 2023.

Padahal, pemerintah telah 'merayu' miliarder nomor wahid itu sejak beberapa tahun terakhir. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan telah bertemu Elon Musk pada Mei 2022.

Elon Musk.

Photo :
  • Stars and Stripes

Elon Musk.

Photo :
Tak berhenti sampai di situ, LBP juga berkali-kali mengatakan akan bertemu pendiri SpaceX dan Tesla tersebut untuk meminta kejelasan investasi pabrikan mobil listrik di Indonesia.

Namun, harapan itu pupus. Alasan batalnya investasi Tesla karena khawatir ekonomi global tengah dalam kondisi yang tidak baik-baik saja.

Terlebih ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan China masih terjadi sehingga dirinya enggan mengambil risiko dalam berbisnis.

Nah, kini, harapannya Elon Musk tidak memberikan PHP Indonesia untuk ketiga kalinya. Gelaran World Water Forum atau WWF ke-10 tinggal menghitung jam lantaran dimulai pada Sabtu hari ini, 18 Mei dan berakhir pada 25 Mei 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya