Ask Panasonic, Aplikasi Tampung Keluhan Konsumen

Sumber :
  • wikimedia.org
VIVAnews -
Kantor ESDM dan PTSP Maluku Utara Digeledah KPK soal Kasus Abdul Gani Kasuba
Menyelaraskan dengan perkembangan gaya hidup digital yang mengedepankan keleluasaan, Panasonic menghadirkan aplikasi mobile, Ask Panasonic.

Rupiah Lesu ke Rp 16.128 per Dolar AS

Aplikasi ini memudahkan pelanggan dalam mendapatkan layanan seputar produk Panasonic, misalnya layanan servis
Pejuang Hamas Beri Perlawanan Sengit di Gaza, Jenderal Senior Israel Terluka
, konsultasi produk, keluhan pelanggan, sampai panduan serta solusi atas masalah produk Panasonic.


"Dengan layanan ini, kami ingin memindahkan pelanggan dari user manual ke sistem online," ujar Nicolas Herlambang M, GM Customer Service Panasonic di Palalada Restaurant, Grand Indonesia, 28 Febuari 2013.

Dalam platform Ask Panasonic ini, pelanggan juga bisa mendapatkan info FAQ (Frequently Asked Question), yakni berisi pertanyaan-pertanyaan umum yang biasanya dihadapi pelanggan. Fitur ini disertai penjelasan serta solusi.

Bila masih belum puas, fitur Info memungkinkan pelanggan dapat menghubungi customer service Panasonic agar mendapatkan penjelasan detail.

Fitur Service Request memudahkan pelanggan untuk meminta perbaikan produk, cukup dengan mengirim e-mail atau menelpon call centre Panasonic. Nantinya, pihak Panasonic akan menghubungi kembali pelanggan.

Panduan menarik juga difasilitasi fitur Service Network. Fitur ini berisi panduan pemetaan berbasis Google Maps untuk 48 titik customer care Panasonic di seluruh Indonesia. "Pelanggan akan diarahkan turn by turn menuju titik layanan purna jual terdekat dari posisi pelanggan," jelas Nico.

Sementara ini, Ask Panasonic hanya berjalan di ponsel pintar berbasis Android. Ke depan, aplikasi juga akan tersedia di platform berbasis iOS dan BlackBerry. "Bulan April nanti, kami juga akan mengintegrasikan layanan chatting Yahoo Messenger dan WhatsApp," tambahnya.

Nico menyebutkan, aplikasi Ask Panasonic ini hanya ada di Indonesia dan dibuat oleh pengembang lokal, Bakulide.

Aplikasi Turunan

Saat ini, aplikasi mobile tersebut hanya sebatas informasi, panduan keluhan serta solusi terkait produk Panasonic. Namun nantinya, aplikasi akan dikembangkan lebih kaya fitur.

"Jadi, tidak hanya soal kerusakan produk saja, tetapi juga memandu kustimosasi dan penggunaan produk," kata Nico. Konten aplikasi ke depan nantinya meliputi konten video demo produk.

Dia menargetkan, aplikasi mobile besutannya sudah mendekati sempurna akhir tahun ini. "Setelah bisa diadopsi ke semua platform, sekitar Oktober nanti," tutur dia.
VIVA Otomotif: Toyota All New Alphard di GIIAS 2023

Harga Toyota Alphard Meroket, Selisihnya Setara Honda PCX Baru

Alphard memiliki desain eksterior yang menawan dan berkelas. Grille depannya yang besar dan lampu LED yang tajam.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024