XL Blokir Mataharimall, Ini Respons Menkominfo

Chief Executive Officer PT XL Axiata Tbk (XL), Dian Siswarini.
Chief Executive Officer PT XL Axiata Tbk (XL), Dian Siswarini.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id –  Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menanggapi persaingan 'panas' pada bisnis e-commerce.

Diketahui belum lama ini, ada pengguna XL yang mengeluh lantaran tak bisa mengakses Mataharimall. Dalam layanan e-commerce berjenis marketplace, XL memiliki layananya yaitu Elevenia. Nah, Elevenia dan Mataharimall, saling bersaing karena bergerak pada layanan yang sama.

Terakit dengan persaingan itu, Rudiantara mengaku belum tahu detailnya. Tapi, kata dia, jika persaingan terjadi pada level aplikasi, maka kementeriannya tak bisa ikut campur, sebab hal itu sudah masuk ranah business to business (B2B).  

"Wah saya belum tahu (XL blokir Mataharimall). Kalau di level operator itu di level pipa, sedangkan e-commerce di level aplikasi. Prinsipnya dalam bisnis telekomunikasi itu, kalau perjanjian antara penyelenggara pipa dengan penyelenggara pipa yang menggunakan limited natural resources atau frekuensi itu harus diketahui regulator," kata dia ditemui di Kantor Kementerian Perekonomian, Jumat 4 Maret 2016.

Dia mengatakan sementara perjanjian antara penyelanggara jaringan dan penyelenggara jasa menurutnya tak perlu diketahui oleh regulator.

"Kalau enggak, masa nanti kerja menteri cuma menyetujui ratusan, atau mungkin sampai 1.000 lebih (perjanjian)," kata dia.

Terkait perjanjian dalam bisnis layanan telekomunikasi, dia berharap agar berjalan secara sama antarpemain. "Yang pasti saya berharap terjadi level playing field di mana-mana," ujar dia.