VIDEO: Gerhana Matahari Total 2016 dari Dalam Pesawat

Gerhana Matahari Parsial Terlihat 12 Persen di Aceh
Sumber :
  • VIVAnews/Dani Randi (Banda Aceh)

VIVA.co.id – Banyak cara yang dilakukan berbagai pihak untuk mengabadikan momen Gerhana Matahari Total (GMT) 2016.

Rekaman Detik-detik Haru Penampakan Gerhana dari Pesawat

Salah satunya dilakukan oleh penumpang Alaska Airlines dengan nomor penerbangan 870. Rute pesawat dari Alaska menuju Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat itu melalui momen saat sinar matahari terhalangi bulan pada 8 Maret 2016 waktu setempat 

Salah seorang penumpang pesawat ini, Mike Kentrianakis, yang merupakan peneliti dari American Astronomical Society, mengabadikan momen detik-detik GMT 2016. Kemudian rekaman video diunggah di akun YouTube Alaska Airlines.

Ribuan Turis Asing Sudah Siap Saksikan Gerhana di Makassar

Jadwal penerbangan pesawat ini sebenarnya tidak bertepatan dengan momen saat GMT melintas. Namun karena banyaknya permintaan, terutama dari para astronom, maka maskapai tersebut menyesuaikan jadwal penerbangan agar bisa dilalui GMT. Jadwal penerbangan itu ditunda 25 menit dari jadwal yang semula.

Momen GMT bisa disaksikan oleh penumpang Alaska Airlines dari ketinggian 35 ribu kaki. Tampak dalam video sinar matahari yang menerangi awak kemudian gelap karena tertutup satelit bumi tersebut.

Pengamatan Gerhana di Aceh Digelar di Gedung Tsunami

Dalam video beberapa kali, Kentrianakis menunjukkan ketakjuban dengan momen totalitas tersebut. Dia mengucapkan 'oh Tuhanku' beberapa kali, di saat detik-detik GMT. (ase)

Gerhana difoto dari ketinggian 34.000 feet

Ada Penampakan Gerhana Matahari dari Ketinggian 30.000 Kaki

Difoto dari pesawat Airbus 320-200.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2016