Sistem Kasir Ini Mudahkan Kelola Bisnis UKM yang Rumit

Pojok UKM di GraPARI
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA.co.id – Telkomsel bekerja sama dengan perusahan rintisan (startup) Moka meluncurkan MokaPOS (Point of Sales). Kolaborasi ini untuk meningkatkan layanan, mendukung produktivitas dan perkembangan bisnis para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.

Begini Caranya Bantu UKM Naik Level

MokaPOS merupakan sebuah platform solusi finansial bagi UKM yang memungkinkan penggunaan telepon seluler (ponsel) dan tablet sebagi terminal dalam melakukan transaksi secara online secara real time. Selain itu, solusi ini juga dapat membantu UKM dalam mengelola inventaris dan administrasi konsumen atau pelanggan.

"Dengan meningkatnya adopsi gaya hidup digital di masyarakat, Telkomsel menghadirkan solusi finansial digital bagi para pengusaha UKM untuk mengelola bisnisnya dengan mudah dan nyaman melalui MokaPOS. Hal ini juga sejalan dengan misi Telkomsel untuk membangun ekosistem digital di Indonesia," ungkap General Manager Corporate Business Solution Management Telkomsel, Rini Apriliani dalam siaran persnya, Kamis 21 April 2016.

Menko Airlangga Wacanakan Insentif untuk Produk Seni Wayang

Agar penggunaan MokaPOS makin maksimal, maka solusi tersebut disokong oleh jaringan pita lebar (broadband) yang dimiliki oleh Telkomsel. Dengan demikian akan memungkinkan meningkatkan produktivitas para pelaku UKM.

"Penggunaan layanan data Telkomsel akan memperlancar transaksi pembayaran merchant dan pengelolaan data berbasis cloud, serta meningkatkan kenyamanan komunikasi dengan pelanggan melalui platform digital ini," jelas Rini.

Dorong Ekspor, LPEI Bawa Peserta Program Rintisan ke Perhelatan G20

 Sementara itu, Chief Executive Officer dan Co-Founder Moka, Haryanto Tanjo mengatakan, ada jutaan UKM di Indonesia yang masih mengatur usaha mereka secara manual. Bekerja sama dengan Telkomsel, maka Moka memudahkan para pemilik usaha untuk menggunakan aplikasi sistem kasir yang dapat diunduh langsung pada smartphone dan tablet.

"Dengan basis Cloud yang digunakan oleh Moka, pemilik usaha dapat mengakses laporan penjualan, inventaris dan lainnya secara real time," ungkapnya.

Solusi MokaPOS diakui akan mempermudah kerumitan pengelolaan bisnis, sehingga pengusaha dapat lebih fokus dalam pengembangan usahanya. MokaPOS memungkinkan merchant untuk melakukan transaksi pembayaran dari konsumen atau pelanggan dengan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit.

Selain itu,  platform ini juga dapat menyediakan  laporan dan analisa keuangan secara real time tanpa harus menunggu sampai akhir hari. Tidak hanya itu, tersedia juga fitur untuk pengelolaan karyawan dan inventaris, serta manajemen data dan feedback dari pelanggan.

Aplikasi MokaPOS dapat dengan mudah diunduh, dan penggunanya akan selalu mendapatkan update fitur terbaru secara gratis. Dengan berbasis cloud yang digunakan oleh aplikasi ini, pelaku bisnis dapat mengelola usahanya kapan pun dan dimana pun dengan cukup melakukan sign in ke akun yang dimilikinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya