Mengenal Kehebatan Teknologi Machine Learning

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
Sumber :
  • Analytics Insight

VIVA – Manusia berusaha membuat mesin menjadi lebih pintar, sehingga bisa menyelesaikan beragam masalah sehari-hari. Hal itu diperlukan, karena problem yang muncul setiap hari seolah semakin rumit.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan mesin pintar, yakni mengembangkan teknologi machine learning yang menjadi bagian dari kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Jika dahulu solusi tersebut hanya memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah sebesar satu persen, saat ini sudah jauh lebih canggih.

CTO dan Co-Founder Valiance, Riyad Rivandi mencontohkan, sebuah solusi machine learning untuk credit scoring yang pernah dibangun mampu memprediksi 50 persen Non Performing Loan atau NPL pada suatu lembaga keuangan mikro, yang nilainya setara dengan potensi kerugian Rp100 miliar.

Selanjutnya, solusi digunakan untuk mendeteksi risiko kredit pemohon dan merekomendasikan analis untuk menolak permohonan dengan potensi gagal bayar tinggi.

Diskusi machine learning bersama Valiance.

Diskusi machine learning bersama Valiance.

Photo :
  • Dok: Valiance

Riyad mengatakan, solusi berbasis machine learning dari Valiance mampu menyelesaikan permasalahan bisnis klien, baik dalam hal efisiensi waktu untuk tugas-tugas repetitif, menekan potensi kerugian biaya, maupun memprediksi risiko potensial.