Realme U1, Prosesor Helio P70 dan Kamera Depan 25MP

Realme U1.
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Misrohatun

VIVA – Kompetisi di pasar smartphone Indonesia makin hari kian tak terbendung. Malah para vendor ternama mulai membuat sub-brand. Salah satunya Oppo dengan Realme yang menargetkan pasar anak muda sebagai pengguna.

Review realme X3 Superzoom: Pembidik Bintang Harga Dibawah Rp 10 Juta

Yang menarik dari Realme, bisa dibilang, adalah versi terjangkau dari Oppo. Desain dan fiturnya hampir menyerupai kecanggihan dan kerennya seri-seri yang dihadirkan Oppo. Yang terbaru adalah kehadiran Realme U1, sebuah smartphone dengan desain menawan dan yang pertama mengadopsi MediaTek Helio P70.

Prosesor ini diklaim bisa berjalan selaras dengan mesin artificial intelligence yang kini diadopsi banyak smartphone. Kombinasi teknologi ini, dipadukan dengan GPU dan CPU yang bisa memproses sistem AI di smartphone menjadi lebih kuat, baik untuk mendukung kamera, pemrosesan gambar, sampai mendukung kinerja game dan fitur konektivitas yang lebih mumpuni.

Realme 3 Pro dan C2 Dipastikan Bukan Smartphone Gaib

Desain
Dari sisi desain, Realme U1 memiliki bodi yang cukup kokoh. Sisi elegannya didapat lewat bodi belakang yang mengkilap saat terkena cahaya. Kebetulan Viva.co.id mendapat kesempatan untuk menjajal Realme U1 berwarna biru, atau dinamakan Brave Blue. Bodi dengan tinggi 157 mm itu memiliki dua kamera di bagian belakang ditambah lampu flash. Di bagian tengah, tentu saja ada fingerprint pad. Sedangkan tulisan 'realme' tertera cukup jelas di sisi bawah bodi.

Tak ada slot atau tombol apapun di sisi atas Realme U1, sedangkan tombol volume terletak di sisi kiri dan tombol power di seberangnya. Port untuk headphone masih diletakkan di sisi bawah, berderet dengan enam lubang speaker, dua lubang mic dan tentunya lubang charger di antaranya.

Realme C2 vs Redmi 7, Bertarung Jadi Raja Smartphone Entry Level

Bentuk Realme U1 bisa dibilang tak besar tapi juga tidak kecil, tidak tebal tapi juga tidak terlalu tipis. Ini membuat posisi tangan cukup nyaman untuk digenggam. Posisi speaker untuk mendengar suara orang menelepon terdapat di sisi atas, tepat di atas noth yang mirip tetes air. Di notch itu pula tersemat sebuah kamera dengan resolusi 25 megapiksel.

Baik kamera depan maupun belakang dibenamkan dengan sempurna di dalam bodi Realme U1. Ini membuat tangan bisa merasakan bodi yang cukup datar, tanpa terganggu oleh kamera yang menonjol. Layarnya pun terlihat memenuhi bodi depan smartphone karena bezel yang digunakan sangat tipis.

Layar
Realme U1 memiliki layar yang cukup lebar, sekitar 6,3 inci dengan resolusi 2340x1080, dan kerapatan piksel sampai 409 PPI. Layar smartphone ini juga terlihat panjang karena aspek rasionya sampai 19,5:9, atau dengan kata lain 90,8 persen untuk rasio bodi-layar. Layar sentuhnya juga dilindungi panel dari 2.5D Gorilla Glass 3.

Yang menarik, selain kecerahan otomatis, layar Realme U1 juga memiliki tiga jenis pengaturan suhu layar. Mulai dari Cooler, Default dan Warmer, yang berarti bisa diatur sesuai dengan kebutuhan mata, sekaligus melindungi. Cooler berarti layarnya memiliki background putih terang, sedangkan Default, layarnya sedikit memiliki warna yang kalem, dan Warmer berarti layar akan berubah menjadi lebih ramah mata. Warmer bisa digunakan saat kamu sedang menggunakan smartphone di ruangan gelap. Satu lagi, ada Night Shield, untuk melindungi mata dari emisi cahaya biru di malam hari.

Jika merasa ribet, gunakan fitur auto brightness yang memungkinkan Realme U1 menyesuaikan sendiri kecerahan layar, baik saat di dalam maupun luar ruangan. 

Notch pada Realme U1 juga bisa dihilangkan, tinggal atur melalui Notch Area Display Control. Ini sangat berguna untuk memberikan kenyamanan ketika Notch ditemukan menghalagi tampilan konten.

Kamera
Kamera depan Realme U1 memang hanya satu namun resolusi sebesar 25 MP sudah lebih dari cukup untuk mengambil foto selfie, dibantu dengan sensor Sony IMX576 bukaan lensa f/2.0. Fitur yang ditawarkan dalam kamera selfi ini adalah Time Lapse, Video, Photo, Sticker dan panorama. Fitur Beauty 3.0 juga tersedia untuk membuat wajah penggunanya lebih putih dan bersih dalam hasil foto. Termasuk juga soal efek kamera, mulai dari Matcha sampai Keju.

Ada lagi fasilitas tambahan untuk kamera depan, seperti flash, HDR, bokeh atau depth effect, Vivid untuk warna foto lebih terang, dan posisi layar mulai dari Standar, Persegi, sampai Layar Penuh. Kamera depan bisa mengambil gambar dalam format video dengan resolusi 720p dan 1080p.

Memotret selfie saat cahaya matahari masih sangat terang akan membuat hasil foto dari kamera Realme U1 terlihat tajam dan jelas. Apalagi jika menggunakan HDR. Saat selfie menggunakan mode Vivid, warna kulit objek terlihat lebih sawo matang. Namun jangan coba-coba gunakan background putih saat memotret dengan mode Vivid karena background tersebut akan ikut berubah agak kekuning-kuningan.

Efek Bokeh dengan kamera Realme U1 mampu membuat background menjadi blur walaupun butuh waktu lama untuk Realme U1 menganalisa objek yang akan difokuskan. Untuk memotret dalam kondisi kurang cahaya, sepertinya harus mengandalkan kamera belakang.

Kamera utama di bagian belakang dilengkapi dengan dua lensa, masing-masing memiliki resolusi 13MP dan 2MP dengan bukaan lensa masing-masing f/2.2 dan f/2.4, ditambah LED Flash. Untuk urusan motret siang hari dimana cahaya bertebaran, sudah pasti hasilnya cukup terang dan objeknya jelas tergambar. Sedangkan foto di dalam ruangan, hasilnya masih bisa cukup menjanjikan. Untuk memotret malam hari, tidak terlalu banyak noise dalam tangkapan gambar namun objek yang difokuskan juga tidak terlihat terlalu terang. Masih bisa dimaklumi hasilnya untuk ukuran smartphone seharga Rp2 jutaan.

Baterai

Daya tahan Realme U1 memang belum mengadopsi teknologi supercharge milik 'saudara'nya. Dengan baterai berkapasitas 3500 mAh, dibutuhkan waktu charging lebih dari 1,5 jam sampai bisa terisi penuh. Kapasitas sebesar itu bisa bertahan sampai seharian penuh dalam posisi tak terlalu aktif digunakan, baik untuk menelepon, menonton video, atau bermain game. Untuk penggunaan ringan, Realme U1 bisa bertahan lebih dari 24 jam.

Dibekali juga dengan prosesor kekinian dari MediaTek octa-core 2.1 GHz MediaTek Helio P70 processor (ARM Cortex-A73x4, ARM Cortex-A53x4) dengan ARM G72 GPU. Sistem operasi yang diusungnya adalah ColorOS 5.2 yang berbasis Android 8.1. User interface dari Realme U1 cukup mulus dan bisa mengakses aplikasi dengan mudah. Realme U1 juga memberikan beberapa aplikasi yang sudah diinstal seperti Facebook, UC Browser, dan beberapa aplikasi media lokal.

Pilihan keamanan pada Realme U1 ada banyak, termasuk sidik jari, pengenalan wajah, dan password. Semua berfungsi dengan baik, walau face unlock harus dilakukan di tempat yang memiliki banyak cahaya untuk bisa mengenali wajah dengan baik.

Tiga jari bisa memiliki manfaat yang besar dalam mengoperasikan Realme U1. Misalnya mengusapkan layar ke atas dengan tiga jari maka akan membuat layar terbelah (split screen). Artinya, dua aplikasi bisa digunakan sekaligus di satu layar. Sedangkan mengusap layar ke bawah dengan 3 jari berfungsi mengambil tangkapan gambar layar (screenshot).

Realme U1 memiliki skor 1567 untuk Single-Core dan 6001 untuk Multi-Core dalam pengujian menggunakan Geekbench 4. Di pengujian Antutu, skor Realme U1 adalah 144798.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya