Review TrustPort Total Protection 2012

TrustPort Total Protection 2012
Sumber :
  • www.trustport.com

VIVAnews - Akhir September lalu, pasar software pengamanan komputer di Indonesia kian marak dengan hadirnya satu pemain tambahan asal Republik Ceko. Produsen yang hadir di tengah persaiangan ketat industri antivirus dan aplikasi pengaman itu adalah TrustPort.

Sama seperti produsen aplikasi pengaman lain, TrustPort menawarkan berbagai pilihan bundel aplikasi bagi berbagai segmen pengguna. Untuk segmen home dan small office, mereka punya TrustPort Antivirus, TrustPort Internet Security, TrustPort Total Protection, dan TrustPort USB Antivirus.

Menggandeng Unitama Mandiri Teknologi, salah satu produk yang langsung dihadirkan oleh produsen asal Republik Ceko tersebut adalah TrustPort Total Protection, bundel aplikasi pengamanan versi terlengkap untuk segmen home dan small office.

Fitur
Seperti disebut di atas, Total Protection merupakan versi terlengkap dari aplikasi pengamanan komputer yang dirilis TrustPort. Selain memiliki antivirus, antispyware dan sekaligus personal firewall, ia juga masih punya beberapa kemampuan lain. Apa saja?

TrustPort Total Protection 2012Yang menarik, TrustPort menyediakan fitur enkripsi data dan file shredding di sini. Ada dua metode enkripsi file yang disediakan. Untuk backup aman terhadap data, TrustPort menyarankan untuk menyimpannya di sebuah archive terenkripsi. Namun untuk pengamanan sehari-hari, data Anda sebaiknya disimpan di encrypted disk yang bisa Anda buat sendiri.

Sebagai tambahan, Total Protection juga menyediakan permanent shredding terhadap data yang tidak lagi digunakan.

Menggunakan Total Protection, Anda juga bisa membuat anti virus portabel dengan USB flash disk. Dengan demikian, flash disk itu bisa dipasang di komputer manapun dan langsung melakukan pemindaian. Dan jika virus sudah merusak program di komputer, Anda juga bisa memanfaatkan system recovery disk. Pembuatan disk tersebut bisa dilakukan lewat aplikasi ini.

Uji Coba
Uji coba terhadap TrustPort Total Protection 2012 kami lakukan pada notebook Acer Aspire 4315 berprosesor Intel Celeron 560 kecepatan 2,13GHz dengan memori sebesar 2,5GB dan menggunakan sistem operasi Windows 7 Ultimate.

TrustPort Total Protection 2012Secara total, proses instalasi software pengamanan ini membutuhkan waktu sekitar 3 menit 25 detik. Setelah selesai instalasi, komputer akan melakukan restart lalu melakukan registrasi serial number jika komputer terhubung ke Internet. Namun proses tersebut bisa dibatalkan jika penggunanya berniat untuk melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum melakukan aktivasi. Berikut ini kondisi komputer sebelum dan sesudah diinstalasikan TrustPort Total Protection 2012.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan
Tanpa AVTrustPort TP 2012
Kinerja        
Windows Startup      
37,9 detik1 menit 4,11 detik
Windows Restart56,8 detik1 menit 22,45 detik
Windows Shutdown10,4 detik12,3 detik
Konsumsi Sumberdaya    
Windows Idle CPU Usage0-1%0-2%
Windows Scan CPU Usage-41-84%
Windows PF CPU Usage436-461MB774-819MB
Windows Scan PF Usage-779-833MB

Saat pengujian, kami mencoba melakukan pemindaian terhadap data sebesar 1GB yang terdiri dari dokumen dan file  dengan berbagai format seperti PDF, DOC, RTF, XLS, TXT, HTM, CSS, JS, EML, TIF, GIF, EXE, INI, AVI, dan MP3 yang tersimpan dalam 2 buah folder.

Ternyata, aplikasi ini mampu menuntaskan pemindaian seluruh file-file tersebut dalam waktu 7,18 detik saja. Selain itu, secara otomatis ia juga memeriksa beberapa buah file lain milik sistem untuk memastikan keamanan.

Dari uji coba singkat yang kami lakukan, kami juga melihat bahwa saat melakukan pemindaian, prosesor komputer juga tidak banyak menerima beban tambahan. Artinya, antivirus ini relatif ringan dibanding program sejenis. Di Indonesia, TrustPort Total Protection 2012 dipasarkan di harga Rp150 ribu (1 user, 1 tahun) atau Rp250 ribu untuk 3 user, 1 tahun.

Kelebihan
•    Ringan dan cepat saat melakukan pemindaian
•    Fasilitas cukup lengkap

Kekurangan
•    Proses instalasi masih konvensional (eh)

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti
Nurul Ghufron diperiksa Dewas KPK

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengirimkan sebuah surat kepada Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron meminta bantuan mutasi ASN dari Papua ke Jawa

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024