Konsumen Berebut Ponsel Notch Asus dan Vivo

Asus ZenFone 5.
Sumber :
  • Dok. Asus

VIVA – Ponsel pintar atau smartphone berlayar poni atau notch mulai banyak diadopsisecara terang-terangan oleh sejumlah vendor antara lain Asus Zenfone 5, Oppo F7, dan Vivo V9.

Unik, Xiaomi Bikin Desain Ponsel dengan Poni Terbalik

Bahkan, rumornya Xiaomi juga akan menggunakan layar poni pada Xiaomi Mi 8. Layar notch telah dikenalkan terlebih dahulu oleh Apple pada desain iPhone X.

Menurut beberapa toko ponsel di bilangan Mal Ambassador, Jakarta, saat ini smartphone layar poni sedang mendapat banyak perhatian dari masyarakat, khususnya Vivo V9.

Apple Bakal Rilis iPhone Tanpa Poni pada 2020?

Vivo V9.

"Kebanyakan sih pada nyari Vivo sama Asus. Cuma, karena Asus baru launching jadi kami belum ada barangnya," kata sales toko ponsel, Fian kepada VIVA, Senin 21 Mei 2018.

Oppo A7 Sudah Tersedia di Indonesia, Harganya di Bawah Rp4 jutaan

Ia menyebut, konsumen saat ini lebih banyak mencari ponsel berdesain notch, karena memiliki perbedaan mencolok, yaitu layar lebih lebar dibanding ponsel yang memiliki bezel.

Meskipun, kata Fian, konsumen sedang mencari ponsel dengan merek ternama tapi harganya terjangkau, mereka pasti akan mencari desain notch walau memiliki risiko.

"Layar kaya gitu lebih besar risikonya. Karena, ke samping layarnya. Beda sama ponsel yang ada bingkainya. Kalau kena benturan di samping, ya, sudah pasti risikonya lebih besar," jelasnya.

Zenfone 5 (kiri) dan Zenfone Live L1 (kanan)

Berbeda dengan Fian, Imron, yang juga seorang penjual ponsel, menuturkan ponsel layar notch memiliki risiko yang sama dengan ponsel bezel. Namun, ia menilai banyak konsumen mencari notch karena lebih memuaskan.

"Tiap hari ada saja yang nyari. Soalnya, kalau notch itu lebih lebar, lebih memuaskan. Zaman sekarang kebanyakan orang cari yang full screen dan kapasitas baterai yang besar," papar Imron.

Ia menambahkan, layar notch dinilai penting bagi konsumen yang ingin mengikuti tren. Sama seperti sebelumnya, konsumen yang membeli ponsel di tokonya lebih banyak mencari ponsel notch merek Vivo V9 dan Asus Zenfone 5.

"Pada banyak nyari Vivo. Mungkin karena iklan Vivo sudah banyak, terus ada di mana-mana banner-nya. Kalau Asus, sebagian barangnya sudah tersedia di seluruh Mal Ambasador," kata Imron.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya