Oppo Berani Tampil Beda, Tanpa Notch dan Fingerprint

Oppo Find X.
Sumber :
  • GSMArena

VIVA – Tren ponsel pintar pada tahun ini terletak pada desain layar yang dibuat seluas mungkin. Semua produsen smartphone berlomba-lomba membuat desain layar penuh, tak terkecuali iPhone.

'Wajah' iPhone 16 Terungkap

Produk besutan Apple ini menghadirkan layar poni atau notch pada iPhone X. Layar poni yang dibawa iPhone X juga turut diadopsi oleh para produsen ponsel. Namun, salah satu vendor smartphone China, Oppo, seperti dikutip dari The Verge, Rabu 20 Juni 2018, mengeluarkan produk yang tidak ada notch, Oppo Find X.

Produk yang resmi diluncurkan di Paris, Prancis, ini mempunyai lebar 6,4 inchi. Berbeda dengan layar notch yang saat ini sedang booming di pasaran, Find X sama sekali tidak membutuhkan notch.

iPhone Lawas Jangan Coba-coba Update iOS 17

Mempunyai desain yang sangat efisien, Oppo klaim memiliki rasio layar hingga 93,8 persen. Bicara mengenai layar, Find X yang terlihat tanpa kamera sebenarnya sangatlah menarik. Mereka mempunyai kamera selfie tersembunyi.

The iOS 17 Update Will Not Support iPhone 8 and X

Namun, ketika pengguna mengaktifkan kamera, maka kamera tersebut akan tersembul keluar pada bagian atas. Find X akan didukung kamera selfie 25MP dan mempunyai sistem pemindai wajah 3D atau tiga dimensi.

Selain kamera selfie, tentu Oppo juga mempunyai kamera ganda pada bagian belakang. Kamera belakang masing-masing memiliki 16MP dan 20MP. Untuk memunculkan kamera selfie hanya membutuhkan waktu 0,5 detik sampai kamera tersebut benar-benar bisa terlihat.

Masih mengenai layar. Akibat mengusung layar hingga ke samping dan sudut yang membulat, Oppo Find X terlihat mirip dengan Samsung S9 Plus. Layar OLED pada ponsel tersebut mempunyai resolusi hingga 1.080 piksel.

Mempunyai sistem kamera yang tersembunyi, membuat Oppo bisa memiliki layar luas tanpa harus 'dinodai' oleh notch. Tidak seperti smartphone canggih pada umumnya, Find X tidak dilengkapi fingerprint atau pemindai sidik jari.

Sebagai gantinya, mereka meletakkan teknologi pemindai wajah 3D ke dalam ponsel tersebut. Pemindai wajah 3D berguna untuk otentikasi biometrik. Untuk menggunakannya pun cukup mudah. Pengguna hanya perlu menghidupkan ponsel, lalu menggeser layar ke atas untuk membuka kunci.

Kemudian, kamera pada bagian atas akan keluar secara otomatis. Kamera tersebut akan mengautentikasi wajah pengguna dan kunci ponsel akan otomatis terbuka. Mereka juga menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 845, RAM 8GB, dan menawarkan 256GB penyimpanan.

Oppo Find X memiliki baterai 3.730mAh dengan pengisian daya cepat VOOC. Produk tersebut adalah produk pertama yang dijual di Amerika Utara dan Eropa, selain China. Untuk harganya diketahui lebih murah dibanding dengan Android lain yang spesifikasinya hampir sama.

Sebenarnya, Oppo bukanlah ponsel pertama yang mempunyai layar luas tanpa notch. Sebab, Vivo Nex pada pekan kemarin diluncurkan, juga hadir tanpa notch. Kamera selfie yang disembunyikan akan muncul dalam bentuk pop-up pada bagian atas ponsel. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya