Apple Jaga iPhone, Kabar Kurang Sedap dari Ponsel Lipat Google

Apple dan Google.
Apple dan Google.
Sumber :

VIVA – Apple kabarnya tetap menjaga target produksi iPhone sebanyak 220 juta unit hingga akhir 2022, sementara pembuatan ponsel lipat Google kembali ditunda dan diperkirakan tidak akan rilis hingga 2023.

Meski ada kendala rantai pasokan yang dihadapi Apple, namun target produksi sebagian besar tidak berubah dari tahun sebelumnya, seperti dikutip dari situs MacRumors, Jumat, 27 Mei 2022.

Apple dilaporkan telah memberi tahu pemasoknya bahwa mereka masih ingin memenuhi target mereka memproduksi iPhone hingga 220 juta unit.

Sebagian besar didorong oleh model iPhone 14 baru yang diharapkan bisa rilis di musim gugur meski kini dilaporkan pengembangannya tengah mundur akibat para pemasok Apple di China menghadapi lockdown.

Beberapa analis Apple memperkirakan target produksi mencapai 240 juta unit. Tetapi nampaknya prediksi ini agak sulit tercapai mengingat industri seluler telah mengalami awal yang sulit untuk tahun ini dan perkiraan produksi turun secara keseluruhan.

Untuk Apple target yang ada memang belum berubah dari 2021, meskipun Apple sempat kesulitan memenuhi permintaan untuk produk yang ada.

Casing iPhone Emas 14 Karat

Casing iPhone Emas 14 Karat

Photo :
  • miansai.com

Beberapa produk, termasuk MacBook terbaru, seharusnya memiliki permintaan yang tinggi dan tidak terkendala jika tidak ada masalah lockdown dan pembatasan COVID-19.

Kuartal IV 2022 menjadi momen bagi Apple yang diharapkan memberi kinerja positif mengingat rencana perilisan iPhone 14, yang diharapkan membawa pembaruan yang lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya, yaitu iPhone 13.

Adapun pembaruan yang diharapkan bisa datang dari kamera, layar, desain layar, hingga kecanggihan chipset. Sementara itu, kabar ponsel lipat Google tak akan meluncur hingga 2023 pertama kali diperkuat berdasarkan laporan dari situs Industri Korea Elec juga analis penyedia rantai pasokan Ross Young.

"Berdasarkan informasi dari banyak sumber, nampaknya ponsel ini akan ditunda sampai musim semi pekan depan," kata Young, seperti dikutip dari The Verge.

Kehadiran ponsel lipat Google sudah dinanti sejak acara Google I/0 2021, namun prediksi di pasar menunjukkan indikasi bahwa ponsel itu mungkin rilis di kuartal keempat tahun ini.

Ilustrasi ponsel lipat.

Ilustrasi ponsel lipat.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Kemudian, terbaru, penundaan kembali dikabarkan kembali dan hal ini memperkuat alasan pada Google I/0 2022 ponsel itu tidak dimunculkan dan justru malah muncul bocoran mengenai tablet besutan Pixel.

Penundaan pengenalan produk itu nampaknya terjadi karena sesederhana produk yang dikembangkan memang belum sempurna.

Pernyataan Ross Young mengenai penundaan ponsel lipat Google pun sebenarnya tidak merinci alasan tepat mengapa ponsel itu harus ditunda.

Beberapa bocoran sebelumnya menyebutkan Google bereksperimen dengan dua desain dari perangkat pixel bernama "Passport" dan "Jumbojack".

Sebenarnya nama itu baru muncul di internal perusahaan namun bocor ke masyarakat dan disebut bahwa "Jumbojack" merupakan ponsel yang dilipat secara horizontal seperti Samsung Galaxy Z Fold.

Sementara untuk "Passport" merupakan ponsel yang dilipat secara vertikal seperti Samsung Galaxy Z Flip atau mengadopsi model "clamshell". Kabar terbaru menunjukkan Google tengah fokus bersiap merilis Pixel Watch dan Pixel 7.