3 Ponsel 5G Paling Laku di Pasar Indonesia

Xiaomi Redmi Note 10 5G.
Sumber :
  • Xiaomi

VIVA Tekno – Platform MarketHac dari Insignia mencatat bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap ponsel 5G semakin meningkat. Namun, sayangnya masih belum banyak opsi yang dimiliki masyarakat.

HP Tecno Unjuk Gigi

"Kami melihat bahwa banyak orang yang berminat dengan ponsel 5G atau sudah mulai ingin memanfaatkan layanan generasi kelima. Tapi, harga ponsel yang masih tinggi dan cakupan area yang masih terbatas nampaknya membuat orang menahan diri untuk beli ponsel 5G," kata Direktur Insignia Richard Ho, Jumat, 22 Juli 2022.

Ia melanjutkan ada tiga ponsel 5G yang laku dijual di Indonesia. Ketiganya yaitu Xiaomi Redmi Note 10, Samsung A52s, dan iPhone 13 Pro.

Seri iPhone 13 Khusus Bisa Dibeli oleh Konsumen 3 Negara Ini

Menurut Ho, Xiaomi Redmi Note 10 menjadi ponsel terlaris untuk segmen 5G di Indonesia hingga Juni 2022, di mana memimpin pasar dengan penjualan mencapai 100 ribu unit.

Faktor pendongkraknya antara lain karena harganya yang di bawah merek lain yang rata-rata di atas Rp5 juta. Kemudian, Samsung Galaxy A52s dan iPhone 13 Pro merupakan ponsel 5G terlaris kedua dan ketiga, menurut MarketHac dari Insignia, dalam laporan terbarunya.

Tampang iPhone Lipat yang Dibuat Apple Fanboy

Samsung Galaxy A52s 5G.

Photo :
  • Samsung Indonesia

Pencarian kata kunci '5G' di mesin pencari Google mencapai puncaknya pada April 2022, yang mana tren ini meningkat 90 persen jika dibandingkan dengan search query 5G pada Desember 2021.

Meski begitu, secara garis besar, penjualan ponsel 5G mengalami peningkatan dari tahun lalu namun minat masyarakat terhadap ponsel 5G belum optimal.

Penjualan ponsel 5G pada akhir kuartal kedua tahun ini memberikan kontribusi sebesar 9,3 persen dari total penjualan ponsel setiap bulan.

iPhone 13 Pro Stealth 2.0.

Photo :
  • GSM Arena

Total penjualan ini meningkat 1,6 persen dibandingkan tahun lalu di mana penjualan ponsel 5G hanya menyumbangkan 7,7 persen dari rata-rata seluruh penjualan ponsel yang dibeli secara online di Indonesia setiap bulannya.

Dari jumlah merchant yang menjual produk smartphone di e-commerce selama tahun ini baru sekitar 25 persen yang menjual ponsel 5G. Varian tipe ponsel 5G yang tersedia pun tidak banyak, hanya 1 dari 7 ponsel yang ditawarkan penjual.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya