Kamera iPhone 13 Pro Vs Xiaomi 12 Pro, Laga Ponsel Sultan

Ilustrasi memotret objek dari smartphone atau ponsel pintar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Xiaomi 12 Pro kerap dibandingkan dengan iPhone 13 Pro. Kali ini, keduanya akan dibandingkan dalam hal kamera untuk mengetahui siapa yang lebih unggul.

Seri iPhone 13 Khusus Bisa Dibeli oleh Konsumen 3 Negara Ini

iPhone 13 Pro dilengkapi dengan sistem kamera belakang tiga lensa, yang terdiri dari lensa utama bukaan f/1.5 setara 26 mm, lensa sudut ultra lebar 13 mm f/1.8, dan lensa telefoto 3x 77 mm f/2.8. Ketiganya memiliki resolusi 12 MP.

Di atas kertas, Xiaomi 12 Pro memiliki pengaturan kamera yang lebih mumpuni. Perangkat juga memiliki kombinasi tiga lensa yang serupa dan ketiga lensa memiliki resolusi 50MP, termasuk untuk kamera utamanya, kamera telefoto 2x dan lensa ultra lebar.

Tampang iPhone Lipat yang Dibuat Apple Fanboy

Yuk, kita lihat bersama kehebatan kamera Xiaomi 12 Pro Vs iPhone 13 Pro, seperti dikutip VIVA Tekno dari laman Gizmochina, Senin, 24 Januari 2022:

Kamera utama

Huawei Kantongi Kamera Ponsel Terbaik Versi DxOMark

Xiaomi 12 Pro menerapkan penyetelan warna yang lebih agresif sehingga sampel memiliki warna yang lebih hidup dibandingkan dengan yang kita lihat di kehidupan nyata.

Sementara iPhone 13 Pro bagus dalam menghadirkan warna yang sebenarnya bersama dengan whiye balance yang mencerminkan lingkungan sebenarnya.

Namun, Xiaomi 12 Pro jauh lebih mudah menghadirkan warna-warna cerah dengan saturasi tinggi yang sekilas lebih eye-catching.

Dalam sebagian besar kondisi, sampel ponsel Xiaomi tampaknya memiliki kontras yang lebih tinggi, tetapi jika kita perhatikan lebih dekat, mereka sebenarnya memiliki sedikit celah di area gelap.

Khusus untuk pemotretan kontras tinggi, keduanya tidak memiliki kontrol noise yang baik untuk pemandangan gelap.

Meskipun kamera utama Xiaomi 12 Pro mendukung resolusi 50 MP, tapi itu tidak membawa banyak manfaat dalam hal kejernihan gambar dengan detail yang lebih tajam jika dibandingkan dengan sampel iPhone.

Telefoto

Xiaomi 12 Pro mendukung 2x optical zoom, sedangkan iPhone 13 Pro menawarkan 3x optical zoom. Jadi, untuk pemotretan 2x, model Xiaomi dengan sensor 50 MP mampu menghadirkan gambar yang lebih jernih dan tajam dengan kontrol noise yang lebih baik.

Demikian pula model iPhone yang menawarkan presentasi warna yang lebih baik dengan detail yang lebih kaya dibandingkan Xiaomi.

Lalu, Xiaomi 12 Pro masih memimpin pemotretan malam. Saat pengulas memotret dalam mode otomatis, kedua perangkat ini dapat meningkatkan pencitraan setelah AI mengenali pemandangan malam.

Selain mode otomatis keduanya juga menyediakan mode malam yang lebih agresif. Untuk mengakses efek malam yang lebih baik, pengguna perlu menyesuaikan efek malam iPhone 13 Pro ke opsi maksimal. Sedangkan untuk Xiaomi 12 Pro, pengguna harus beralih ke mode malam.

Pemotretan video

Untuk perekaman video, mode sinematik yang ada di iPhone 13 Pro menjadi fitur paling mengesankan.

Sayangnya, mode itu tidak bekerja cukup baik untuk saat ini karena hanya mendukung resolusi 1080P pada lensa utama dan lensa telefoto. Edge recognition juga tidak cukup akurat saat memotret dalam skenario yang rumit.

Sedangkan pada Xiaomi 12 Pro, fitur fokus baru mereka, Cyber-focus, berfungsi dengan baik dan menawarkan fokus cepat dalam pengambilan gambar video. Perangkat ini mendukung hingga resolusi 4k, tetapi hanya tersedia pada lensa utama dan lensa telefoto 2x.

Soal warna video, iPhone 13 Pro masih tetap menjadi yang terbaik di antara semua smartphone. Perangkat itu tampaknya juga memiliki stabilisasi yang sedikit lebih baik saat merekam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya