Apple dan Samsung Bersaing, Lenovo Harus Legowo

Apple Vs Samsung.
Sumber :
  • iPhone in Canada Blog

VIVA Tekno – Laporan terbaru dari International Data Corporation (IDC) menyebutkan pengiriman tablet di seluruh dunia mengalami peningkatan sekitar 0,15 persen secara tahunan (year on year/yoy). Sementara pengiriman Chromebook justru semakin menurun sebesar 51,4 persen yoy.

Samsung Experience Lounge Hadir di Jakarta, Semua Serba Pakai AI

Berbagai original equipment manufacturer atau OEM (perusahaan yang melayani permintaan produksi merek elektronik asing) telah mengirimkan 40,5 juta unit dibandingkan dengan 40,4 juta pada kuartal kedua tahun ini, atau tepatnya pada April hingga Juni 2022.

Di sisi lain, pada periode yang sama, pengiriman Chromebook juga menunjukkan tren yang terus menurun dari 12,3 juta menjadi hanya sekitar 6 juta unit.

Ini 3 Fitur Favorit Pengguna Galaxy AI

Untuk kategori tablet, Apple terus memimpin industri dengan pangsa pasar mencapai 31 persen meskipun pengirimannya mengalami penurunan sekitar 2,89 persen menjadi 12,6 juta unit yoy.

Sedangkan, Samsung bertengger di urutan kedua dengan pangsa pasar mencapai 18,1 persen dengan pengiriman 7,3 juta unit, kemudian disusul ketiga oleh Kindle Amazon yang berhasil mengantongi tempat ketiga dengan 5,5 juta pengiriman dan pertumbuhan 26,92 persen yoy.

iPhone 16 May Apply New Design for Its Buttons

Lenovo terpaksa harus turun ke posisi keempat dengan penurunan pengiriman mencapai 25,67 persen YoY menjadi 3,5 juta unit. Huawei melengkapi daftar lima besar dengan 2,1 juta unit, mengutip dari situs Gizmochina, Rabu, 3 Agustus 2022.

Lebih lanjut IDC juga melaporkan bahwa pendatang baru di segmen tablet seperti Xiaomi, Realme, Oppo, dan Vivo tampaknya telah berhasil mengungguli ekspektasi yang berkontribusi terhadap pertumbuhan pasar tablet Android di kuartal ketiga tahun ini.

Peningkatan pasar tablet secara keseluruhan dikatakan disebabkan oleh penyebaran tablet dalam proyek pendidikan serta penjualan khusus seperti 618 di China dan Prime Day di Amerika Serikat (AS).

Khusus kategori Chromebook, IDC mengunggah hasil pengiriman triwulanan tahun ini yang menunjukkan hasil mengecewakan, di mana semua produsen membukukan pertumbuhan yoy dengan hasil negatif.

Meski menunjukkan tren penurunan, hingga saat ini Dell masih memimpin pasar dengan 1,5 juta pengiriman, sedangkan Acer berada di urutan kedua dengan 1,3 juta pengiriman.

Lalu, Lenovo yang berhasil merebut tempat ketiga dengan 1,2 juta pengiriman dan pangsa pasar mencapai 19,4 persen, sementara HP dan Samsung masing-masing meraih posisi keempat dan kelima dengan 0,9 juta dan 0,4 juta unit pengiriman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya