Trik Foto Low Light Samsung Galaxy S23 agar Minim Distraksi

Nightography Samsung Galaxy S23 Ultra 5G.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno  – Kebutuhan akan sebuah konten telah menjadi suatu momok bagi anak muda. Samsung melalui Samsung Galaxy S23 Series 5G mencoba memfasilitasi hobi fotografi dari para konsumen dengan sejumlah teknologi yang disematkan di sana.

Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah

Salah satu fitur yang juga menjadi keunggulan adalah Nightography, merupakan teknik menangkap foto dalam kondisi minim cahaya.

Dengan Adaptive Pixel 200MP, pengaturan kamera dari Pro Mode dan Expert RAW, kemampuan zoom yang begitu jauh dan jernih sampai 100x, hingga fitur editing akan membuat pengguna bisa mendapatkan foto yang lebih tajam dan minim noise di kondisi low light.

Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran

Menurut fotografer Anton Suseno, pemilihan resolusi kamera sangat menentukan kualitas foto malam hari. Menurut dia Samsung Galaxy S23 mampu memberikan opsi resolusi kamera sesuai kondisi low light untuk mendapat foto malam hari berkualitas. Resolusi 200MP menjadi setting favoritnya saat mengambil gambar di kondisi low light.

Hasil foto Samsung Galaxy S23 Ultra 5G.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah
Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

"Saya amazed melihat bagaimana resolusi kamera tertinggi di Samsung Galaxy S23 yang mencapai 200MP bisa menciptakan gambar dengan detail yang presisi di kondisi low light," ujarnya di Jakarta, dikutip Minggu 26 Maret 2023.

Resolusi kamera ini dijelaskannya akan cocok untuk memotret dengan setting low light yang tidak terlalu banyak distraksi, seperti ketika Earth Hour yang kondisi pencahayaannya cenderung warm tanpa ada paparan cahaya yang dominan seperti papan LED besar atau neon. 

"Kita benar-benar bisa mendapatkan foto yang tajam di berbagai momen epic yang terjadi saat Earth Hour, seperti jajaran lilin yang mengganti paparan lampu hingga suasana kota yang lebih redup dari biasanya,” ujarnya.

Anton menambahkan dengan menggunakan resolusi 200MP di Galaxy S23 Series 5G, saat hasil foto di-crop hasilnya akan tetap jernih dan kualitasnya disebut masih luar biasa saat diunggah ke media sosial.

(Kiri) Samsung Galaxy S23+ (kanan) Samsung Galaxy S23 Ultra.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Dia pun kerap memaksimalkan fungsi Expert RAW di dalam aplikasi kamera Galaxy S23 Series 5G untuk menyimpan foto dalam format RAW ketika ingin melakukan photo editing yang lebih kompleks.

Ada juga Expert RAW yang dimanfaatkan untuk mengambil foto low light dengan teknik yang lebih advanced untuk menghasilkan efek yang lebih dramatis tanpa alat profesional yang cenderung besar dan berat. 

Salah satu mode Expert RAW favoritnya adalah Astrophoto yang digunakan untuk mendapatkan foto langit penuh bintang. Anton juga bermain dengan exposure ketika menggunakan Expert RAW untuk mengambil gambar dengan multi-exposure maupun long exposure guna mendapat efek dramatis.

"Nightography di Galaxy S23 Series 5G mampu mereduksi noise dan meningkatkan ketajaman foto low light dengan maksimal untuk hasil foto malam hari," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya