Viral Lomba Puasa Megang HP Bisa Dapat Rp158 Juta

ilustrasi wallpaper keren untuk HP.
Sumber :
  • pixabay/sweetlouise

VIVA Tekno – Sebuah perusahaan yogurt asal Islandia Siggi mengadakan kompetisi lomba puasa megang HP atau ‘detoks digital’.

Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Pengguna Bank Digital Sebelum Ganti HP Baru

Pemenang yang bersedia menyerahkan smartphone mereka selama satu bulan berkesempatan memenangkan hadiah sebesar US$10 ribu atau Rp158 juta.

Dilansir VIVA Tekno dari Daily Mail, Rabu, 31 Januari 2024, Siggi menyebutkan bahwa kompetisi ini sebagai alternatif untuk ‘Dry January’, yaitu tradisi puasa minuman alkohol selama satu bulan penuh selama Januari.

This Country Bans Smartphone, Smartwatch, Tablet, in Schools

Ilustrasi liburan tanpa HP.

Photo :
  • Freepik
Konsumen Indonesia Mulai Beralih ke Smartphone Harga Rp7 jutaan

"Pada tahun ini, kami memperkenalkan bentuk baru dari 'Dry January.' Alih-alih berpuasa dari alkohol selama sebulan, kami mengajak Anda untuk melepaskan diri dari smartphone," demikian disampaikan dalam pengumuman resmi di situs Siggi.

Individu yang tertarik untuk mengikuti kompetisi diminta untuk menulis esai pendek yang menjelaskan alasan mereka membutuhkan detoks digital dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan mereka.

Selain hadiah uang tunai, para peserta akan menerima kotak kunci untuk menyimpan smartphone mereka selama sebulan, ponsel lipat klasik, kartu SIM prabayar beserta pulsa untuk sebulan, dan yogurt gratis selama tiga bulan.

Ponsel lipat yang diberikan kepada peserta hanya memiliki fungsi dasar untuk panggilan telepon dan SMS, tanpa akses internet.

Menurut Futurism, konsep detoks digital telah sering diusulkan oleh blogger, ahli kesehatan, dan akademisi. Mereka menyatakan bahwa istirahat dari internet memberikan manfaat dengan memberikan jarak dari lingkungan "online" yang beracun.

Penggunaan berlebihan smartphone dan perangkat pintar lainnya diketahui berdampak negatif pada kesehatan mental. Selain itu, waktu yang dihabiskan manusia di layar perangkat pintar cenderung semakin lama.

Warga RI kecanduan HP

Ilustrasi main HP.

Photo :
  • TechnoPixel

Warga Indonesia adalah satu-satunya yang menghabiskan waktu menatap layar HP lebih dari 6 jam setiap hari. Ini menjadikan RI sebagai negara nomor satu di dunia dalam hal kecanduan smartphone.

Dalam State of Mobile 2024 yang dirilis oleh Data.AI warga Indonesia menjadi pengguna yang paling lama menghabiskan waktu dengan perangkat mobile seperti HP dan tablet pada 2023, yaitu 6,05 jam setiap hari.

Warga RI adalah satu-satunya masyarakat yang menghabiskan waktu di HP lebih dari 6 jam tiap hari. Pada posisi kedua, warga Thailand hanya menghabiskan 5,64 jam per hari. Argentina ada di posisi ketiga yaitu 5,33 jam per hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya