Gangguan Server Ancam Reputasi BlackBerry

BlackBerry Storm
Sumber :
  • techtree.com

VIVAnews - Gangguan yang terjadi dalam jaringan milik Research In Motion menambah beban berat bagi perusahaan itu. Pasalnya, mereka tengah kehilangan pamor di pasar email korporat yang sempat mereka kuasai karena karyawan semakin banyak yang beralih.

Pengguna kini semakin banyak yang mem-push email mereka ke perangkat seperti Apple iPhone dan iPad, serta sistem yang lebih fleksibel, menggunakan software Android milik Google, di kantor.

RIM juga tengah menghadapi sorotan dari sejumlah investor untuk memecah bisnis, menjual perusahaan, ataupun mengganti manajemen puncak perusahaan setelah meraih hasil yang buruk pada kuartal lalu dan sepinya tanggapan pasar atas tablet komputer PlayBook mereka yang didesain untuk menantang Apple iPad.

“Gangguan yang terjadi di layanan BlackBerry ini datang di saat yang sangat buruk bagi RIM yang mendapat kritik pedas dalam beberapa bulan terakhir,” kata Malik Saadi, analis dari Informa Telecoms & Media, seperti dikutip dari Reuters, 12 Oktober 2011.

Saadi menyebutkan, sejumlah perusahaan melihat bahwa ini merupakan alasan yang tepat untuk mengevaluasi kembali ketergantungan mereka terhadap server terpusat dan mulai berinvestasi ke server yang lebih terkontrol secara korporat.

“Ini tidak hanya memungkinkan departemen IT meminimalisir risiko akan adanya gangguan tak terduga, tetapi juga bisa memberikan fleksibilitas yang lebih luas kepada karyawan untuk memilih perangkat yang lebih mereka sukai,” ucapnya.

Seperti diketahui, sejumlah operator jaringan dan pengguna di Eropa, Timur Tengah dan Afrika men-Tweet bahwa layanan email dan BlackBerry Messenger tidak bekerja mulai sekitar pukul 11.00 GMT. Menurut operator T-Mobile, mereka terkena imbas gangguan jaringan BlackBerry yang terjadi di seluruh Eropa.

Sebelumnya, RIM menyebutkan bahwa mereka telah memulihkan layanan BlackBerry di kawasan itu, sekitar 20 jam setelah pengguna asal Eropa, Timur Tengah, Afrika dan India pertamakali melaporkan adanya gangguan dengan layanan email dan BlackBerry Messenger.

Namun dalam update terakhir, RIM tidak menyebutkan kapan mereka akan berhasil mengatasi secara tuntas gangguan yang terjadi.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi
Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, merasa sangat khawatir tentang demonstrasi atau protes yang mendukung Palestina yang merebak di kampus-kampus Amerika Serikat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024