2014, Pendapatan Produk Elektronik Tertinggi

Ilustrasi sampah elektronik
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Pendapatan, atau revenue industri elektronik konsumer (CE) tahun ini akan mencapai angka tertinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Meski kenaikannya hanya dua persen, namun angkanya mencapai US$211,3 miliar.

Kenaikan ini dipicu semakin banyaknya perangkat elektronik konsumer yang terkoneksi dengan internet. Demikian laporan dari Asosiasi Elektronik Konsumer (CEA) yang berbasis di Amerika, seperti dilansir Cellular News, Kamis, 17 Juli 2014.

Dalam laporan tersebut, diprediksi pendapatan total industri CE akan mencapai angka US$211,3 miliar tahun ini, hanya naik sedikitnya dua persen dibanding tahun sebelumnya.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Di 2013, total pendapatan CE mencapai US$207 miliar. Untuk 2015, CEA memperkirakan penjualan CE akan tumbuh sedikit lagi, sekitar 1,2 persen dengan total US$214 miliar.

Prediksi CEA ini menggambarkan adanya kenaikan di beberapa kategori produk elektronik yang sedang berkembang (emerging) di pasaran. Pertumbuhan produk untuk kategori ini mencapai 242 persen pada 2014, dan naik lagi 108 persen pada 2015.

Produk kategori yang dimaksud adalah printer 3D, perangkat kesehatan dan kebugaran, jam tangan pintar, televisi ultra-HD dan thermostat pintar.

Secara kumulatif, meski produk kategori 'emerging' itu hanya memperlihatkan kenaikan kurang dari dua persen, namun keseluruhan kontribusinya terhadap total revenue CE mencapai US$5 miliar pada 2014. Ini merupakan raihan yang cukup signifikan dibandingkan dua tahun lalu, di mana revenue produk 'emerging' masih sangat kecil.

Kontribusi perangkat mobile

Penjualan perangkat mobile, khususnya smartphone dan tablet, akan terus berada di posisi kedua sebagai kontributor revenue terbesar. Dua perangkat tersebut, akan memberikan total 35,1 persen dari total revenue CE di 2014 ini.

Smartphone merupakan pemimpin penjualan di industri CE. Tahun ini penjualannya akan mencapai 163,5 juta unit, naik delapan persen dari 2013 yang hanya terjual 151 juta unit.

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

Untuk urusan revenue, smartphone diprediksi bisa menghasilkan pendapatan sebesar US$46 miliar tahun ini, atau naik 7 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya US$43 miliar.

Unit penjualan tablet diproyeksikan mencapai 80,4 juta tahun ini, atau naik 4 persen dibanding 2013 yang hanya 77,4 juta unit. Pendapatan tablet dalam dolar akan mencapai US$25,6 miliar, atau turun 3 persen dari tahun sebelumnya.

"Produk yang berkontribusi besar terhadap revenue CE adalah dua perangkat itu, ditambah TV LCD panel datar. Ketiganya bisa ditemukan di hampir semua rumah di dunia," ujar Direktur dan Analis Industri CEA, Steve Koenig.

Produk CE lain yang mampu menghasilkan tambahan revenue adalah di bidang audio seperti headphone, bluetooth nirkabel, dan soundbar (speaker berbentuk pipa).

Di 2014 ini, perangkat headphone diharapkan bisa laku sekitar 79,5 juta unit dengan revenue US$1,4 miliar, atau naik 20 persen dibanding 2013. Sedangkan bluetooth nirkabel diprediksi mampu menghasilkan US$650 juta, atau naik 69 persen. Untuk soundbar, diperkirakan akan memberikan revenue US$611 juta, atau naik 17 persen.

Konsol game merupakan pemicu pertumbuhan berikutnya di industri CE. Peluncuran delapan generasi konsol game di 2013, diprediksi bisa menghasilkan revenue US$4,8 miliar tahun ini, atau naik 35 persen dalam urusan pengapalan barang.

"Meski pertumbuhan industri CE mulai melambat tahun ini, dari 7,7 persen di 2011 menjadi hanya 1,7 persen di 2013, namun total revenue tahun ini melampaui pendapatan di 2012 yang hanya US$200 miliar," kata Koenig.

Ditambahkan Kepala Divisi Ekonomi dan Direktur Riset Senior CEA, Shawn DuBravac, meski beberapa kategori menunjukkan penurunan dan harus berjuang untuk tetap menghasilkan, namun ada beberapa celah yang menguntungkan di industri CE.

"Antusiasme konsumen terhadap fitur baru dan produk-produk 'emerging' merupakan alasan kuat untuk membuat industri ini tetap tumbuh," ujar DuBravac. (asp)

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad
Ilustrasi tahanan diborgol

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Satuan Reserse Kriminal Polres Labuhanbatu Selatan (Labusel), berhasil menangkap 6 debt colector sadis, yang hendak mengambil mobil korban dengan cara ditabrak.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024