Rumor Apple Pakai Stylus untuk iPad Baru Menguat

Logo Apple.
Sumber :
  • REUTERS/Aly Song/Files

VIVA.co.id - Rumor Apple bakal memperkenalkan perangkat pena stylus tampaknya kian kencang. Setelah awal bulan Desember 2014 lalu, Apple diketahui mengajukan paten stylus, kini analis terkenal dari KGI Securities, Ming-chi Kuo membeberkan stylus bakal diperkenalkan bersama dengan peluncuran iPad 12,9 inchi.

Melansir The Verge, Senin, 19 Januari 2015, analis yang selama ini punya rekor prediksi tepat soal Apple itu mengatakan kemungkinan stylus akan menjadi aksesori tambahan dengan iPad yang bakal menyandang nama iPad Pro.

Sang analis juga meyakini stylus bakal hadir pada kuartal kedua tahun ini. Kuo menggambarkan stylus Apple itu adalah perangkat yang sederhana dan memerlukan sensor tambahan untuk mengaktifkan "tulisan tangan 3D".

Ada yang Hilang dari Apple iPad Pro M4

Ditambahkan, daya stylus bisa diisi melalui konektor Lightning. Namun Kuo belum tahu apakah pena elektronik ini bisa kompatibel dengan model iPad lainnya atau tidak.

Lebih lanjut, Kuo mengatakan keberadaan stylus adalah untuk meningkatkan pengguna iPad, sehingga membantu mendongkrak pelanggan Apple di sergmen korporasi dan pendidikan.

"Kami tak melihat penjualan (Apple) yang signifikan dengan adanya stylus opsional pada tahun ini. Unit stylus yang beredar diperkirakan 2-2,5 juta unit," ujar Kuo.

Meski prediksi Kuo bisa saja meleset, namun prospek itu tetap ada. Bila benar Apple nantinya mengadopsi stylus, itu bakal menjadi sebuah terobosan bagi perusahaan asal AS. Sebab semasa mash hidup, pendiri Apple, Steve Jobs, dikenal sangat membenci stylus.

Dalam beberapa kesempatan, Jobs menyampaikan kebenciannya pada stylus. Saat presentasi dalam Macworld 2007, di mana Apple pertama kali memperkenalkan iPhone, Jobs menyampaikan stylus merupakan cara yang ribet.

"Siapa menginginkan stylus?," kata Jobs yang disambut tertawa para hadirin.

"Anda harus menempatkannya, kemudian menariknya. Ehm... Anda sia-sia. Tak seorang pun menginginkan stylus," ujar Jobs.

Pada kesempatan lain, Jobs juga mengejek gagasan Microsoft yang menggunakan tabletnya dengan stylus. "Begitu Anda memiliki stylus, Anda mati," kata Jobs dalam buku biografi yang ditulis Walter Isaacson

Baca juga:

Apple Mau Keluarkan 2 Perangkat Lipat, Hanya Dijual untuk Orang Super Kaya

Apple Officially Releases New iPad Pro with M4 Chip
Tablet Samsung.

Penjualan Tablet Sudah Ada Titik Terang

Perusahaan riset pasar Canalys baru saja merilis laporan mengenai penjualan tablet secara global, di mana hanya mengalami pertumbuhan satu persen pada kuartal I 2024.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024