Evercoss dan Smartfren Mulai Gerogoti Samsung di Indonesia

Smartfren Andromax G2
Sumber :
  • Vivanews/AgusTH

VIVA.co.id - Vendor lokal mulai menggeliat di Indonesia, tak hanya di ponsel tapi juga smartphone. Pasar smartphone di Indonesia naik 12 persen dengan vendor merek lokal yang terus menggerogoti merek ternama.

Setidaknya itulah yang dilaporkan oleh perusahaan riset pasar Counter Point, dilansir VIVA.co.id melalui situs resminya, Senin 9 Februari 2015. Menurut mereka, pengapalan smartphone naik hanya sedikit, di bawah 10 juta unit pada kuartal tersebut. Jumlah tersebut berkontribusi hampir 50 persen dari keseluruhan pengapalan ponsel di kuartal itu.

"Samsung masih memimpin pasar smartphone dengan pangsa pasar 26 persen. Sementara itu, di pasar ponsel, pangsa pasarnya hanya 19 persen. Evercoss mempertahankan posisinya berada di tiga besar, baik smartphone maupun ponsel secara keseluruhan," ujar Tina Lu, konsultan senior Counterpoint Research.

Smartfren berada di posisi keempat untuk pasar ponsel keseluruhan dan di posisi kedua untuk pasar smartphone saja. Menurut Lu, upaya smartfren berada di posisi itu karena banyaknya portofolio produk yang mereka keluarkan, termasuk peningkatan jumlah pengapalan smartphone di harga di bawah Rp1 juta, seperti Andromax C3, C2, dan G2.

Dalam laporan tersebut juga ditunjukkan, Xiaomi, yang memasuki pasar pada September 2014, mengapalkan sekitar 0,1 juta unit sepanjang kuartal itu, berkat strategi penjualan online dan offline.

"Merek lokal memiliki posisi yang cukup kuat di Indonesia, juga di Bangladesh dan India. Di tiga negara itu, pangsa pasar merek lokal yang bergantung pada perakitan di Tiongkok itu, masing-masing sekitar 50 persen, 62 persen, dan 52 persen," ujar Lu.

Menurut Counterpoint, pamor merek lokal akan semakin besar seiring dengan adanya peraturan baru yang direncanakan pemerintah. Rencana Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sekitar 40 persen diperkirakan membuat impor ponsel dan smartphone lebih murah lagi. (art)

Baca juga:

Indonesia Pasar Smartphone Terbesar di Asia Tenggara
CEO Asus, Jerry Shen

Asus Klaim Posisi 2 di Pasar Smartphone Indonesia

Asus dibelakang Samsung dengan total penjualan 5 juta unit sejak 2014.

img_title
VIVA.co.id
20 November 2015