Saatnya Menikmati Sajian Festival Ajang Belanja Terbesar Dunia

CEO Alibaba Group Daniel Zhang
Sumber :
  • Dokumentasi Alibaba

VIVA – Alibaba Group (NYSE:BABA) hari ini, Sabtu 20 Oktober 2018 meluncurkan acara 11.11 Global Shopping Festival 2018 di Tiongkok, dan menjanjikan bahwa acara tahun ini akan menjadi yang terbesar dari segi skala dan jumlah partisipan.

KIP Perintahkan KPU Beberkan Data Rincian Infrastruktur Teknologi Pemilu 2024

Seluruh bisnis yang berada di ekosistem Alibaba akan bersama-sama menghadirkan pengalaman belanja bagi ratusan juta konsumen yang ingin mendapatkan produk berkualitas tinggi, hiburan, serta pelayanan yang cepat dan dapat diandalkan.

Festival ini juga akan mendemonstrasikan antusiasme konsumen dan merek memanfaatkan strategi New Retail Alibaba yang menggabungkan ritel daring (online) dan luring (offline) melalui teknologi.

Ketua KPU Buka Suara soal Isu Aplikasi Sirekap Terafiliasi dengan Alibaba

“Tahun ini kami memperingati hari jadi 11.11 yang ke-10. Di balik transformasi digital Tiongkok yang sangat eksplosif, pertumbuhan luar biasa festival ini selama dekade terakhir telah mendukung pertumbuhan kualitas konsumsi yang stabil di mana hal ini diidamkan oleh konsumen Tiongkok," ujar CEO Alibaba Group Daniel Zhang lewat rilis yang dikirimkan pada VIVA.

Evolusi ini lanjutnya, juga menunjukkan perkembangan ekosistem Alibaba dari waktu ke waktu, yang telah berkembang melampaui sekadar e-dagang.

Ocistok, Platform Startup E-Commerce RI Lebarkan Sayap Bisnis ke Negeri Tirai Bambu

Zhang mencetuskan konsep 11.11 satu dekade yang lalu. Pada awalnya, 11.11 atau ‘Single’s Day’ merupakan hari perayaan untuk mereka yang belum memiliki pasangan atau single di Tiongkok. Namun kemudian, ia mentransformasi tanggal tersebut menjadi ajang berbelanja terbesar di dunia.

Festival 11.11 pertama di tahun 2009 meraup Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$7,8 juta. Di tahun 2017, total GMV yang berhasil diraup sebesar US$25,3 milyar. Dalam beberapa dekade terakhir jumlah pengguna internet di Tiongkok telah meningkat menjadi 802 juta dan 98 persen di antaranya mengakses internet melalui telepon genggam.

Alibaba telah berhasil memenangkan hati konsumen Tiongkok dan berharap dapat terus memimpin di bidang inovasi ritel.

“Dalam dua tahun terakhir, kami telah menginisiasi konsep New Retail guna mempercepat transformasi digital dari bisnis luring."

Pihaknya juga merasa gembira dengan hasil yang telah dicapainya hingga saat ini.

"Kami akan terus menjadi kekuatan pendorong bagi para pedagang dan pelanggan dalam hal inovasi untuk beberapa dekade mendatang. Tujuan kami adalah menjadi mitra bisnis nomor satu untuk merek-merek dagang, serta destinasi utama konsumen untuk berbelanja,” tambah Daniel Zhang.

Tahun ini, 500.000 produk akan tersedia untuk pemesanan terlebih dahulu atau pre-order melalui Tmall dari tanggal 20 Oktober 2018. Para pelanggan dapat menikmati kupon promosi tambahan di Mobile Taobao dan Mobile Tmall. Acara 11.11 Global Shopping Festival tahun ini akan secara khusus menampilkan beberapa fitur yang terwujud berkat adanya New Retail dan program interaktif lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya