7 Manfaat Chatbot, Konsumen Dibikin Puas

Chatbot.
Chatbot.
Sumber :
  • Mime Asia

VIVA – Perusahaan rintisan atau startup teknologi AI dan NLP, Kata.ai, membagikan informasi mengenai tujuh manfaat penggunaan chatbot untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pelaku usaha di berbagai industri.

Pendiri dan CEO Kata.ai, Irzan Raditya, mengatakan teknologi chatbot mampu memanfaatkan fungsi yang dapat diakomodasi, khususnya yang berkaitan langsung dengan konsumen.

Perubahan gaya konsumsi dari sisi konsumen, lanjut Irzan, menuntut industri untuk memberikan layanan maksimal, cepat, dan responsif saat berhubungan langsung dengan konsumen.

“Kemampuan teknologi AI semakin berkembang pesat, tingkat adopsi yang semakin positif terhadap banyak industri yang salah satunya melalui teknologi chatbot,” kata dia, Senin, 17 Januari 2022.

Pada dasarnya, chatbot merupakan program yang menggunakan basis kecerdasan buatan (AI). Irzan menilai bahwa kemampuan teknologi chatbot diprediksi akan terus tumbuh seiring berjalannya waktu dan digitalisasi di berbagai industri.

Survei oleh McKinsey pada 2021 menunjukkan bahwa tingkat adopsi machine learning, computer vision, dan natural language processing (NLP) mencapai 57 persen atau naik 45 persen dari 2020. Data tersebut menandakan pengaplikasian AI terus meningkat.

Meski mengalami peningkatan, Irzan menilai bahwa teknologi ini tidak akan meningkatkan kemampuan manusia, namun justru akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan terutama di tengah pandemi COVID-19. Berikut sejumlah manfaat penggunaan teknologi chatbot, menurut Kata.ai: