GoTo Punya Monetisasi Baru di Tokopedia

- Dok: GoTo
VIVA Tekno – Diluncurkannya paket berlangganan PLUS by GoTo oleh Tokopedia, dinilai sebagai bentuk baru dari cara monetisasi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo).
Sinergi antara layanan e-Commerce dengan logistik ini diyakini akan memberikan dampak positif terhadap profitabilitas dari perusahaan ekosistem digital terbesar di Indonesia itu secara jangka panjang.
"Semestinya ini bisa membentuk kelompok konsumen baru dan meningkatkan loyalitas baru (dari konsumen existing). Ini juga bentuk monetisasi baru karena asas manfaat sudah dapat," kata Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia M Nafan Aji Gusta Utama kepada wartawan, Jumat 26 Agustus 2022.
Nafan yang menyebut PLUS by GoTo itu merepresentasikan layanan baru untuk segmen premium, mengatakan bahwa sejauh ini bentuk monetisasi GoTo khususnya dari layanan e-Commerce dan on-demand adalah pendapatan berbasis komisi dari mitra driver dan mitra seller dari setiap transaksi.
GOTO
- fimela.com
Nafan menjelaskan, PLUS by GoTo ini skema inovasi dalam rangka meningkatan GTV (Gross Transaction Value) dan GMV (Gross Merchandise Value). "Karena misalkan saya yang biasa menggunakan Tokopedia, sebenernya ini buat pengguna menguntungkan. Sebab yang paling esensial dari aplikasi basis online adalah bisa memberikan asas manfaat bagi pengguna."
Semestinya, lanjut Nafan, PLUS by GoTo bisa sangat diterima oleh masyarakat Indonesia. Apalagi, menurut data We Are Social dan Kepios pada bulan Februari 2022, faktor pendorong tertinggi bagi masyarakat Indonesia dalam berbelanja online adalah ongkos kirim yang gratis (50,5%) disusul oleh promo dan customer review (masing-masing 48,3%).