Startup Fintech Ini Tawarkan Investasi Obligasi FR

Ilustrasi fintech.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Obligasi FR atau Obligasi Negara Fixed Rate merupakan salah satu instrumen investasi, yang bisa jadi pertimbangan oleh para investor.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Bbligasi itu yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia, dengan suku bunga tetap yang dijamin oleh negara. Salah satu keunggulan Obligasi FR adalah keamanannya yang sangat tinggi, karena pembayaran pokok dan kuponnya dijamin oleh pemerintah Indonesia.

Selain keamanannya, Obligasi FR juga menawarkan yield yang tinggi dibandingkan dengan deposito atau tabungan di bank. Rata-rata yield Obligasi FR saat ini ada di angka 5-7 persen per tahun.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Hal ini jauh lebih besar daripada suku bunga deposito atau tabungan di bank, yang hanya sekitar 4,68% per tahun. Selain itu, pajak yang dikenakan pada Obligasi FR hanya sebesar 10%, sedangkan deposito dihitung dengan pajak sebesar 20%.

Obligasi FR juga sangat likuid karena diperdagangkan di pasar sekunder. Artinya, investor bisa menjual obligasi sebelum jatuh tempo dan memperoleh keuntungan dari selisih harga beli dan jual.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Saat ini, startup Bibit.id yang merupakan platform berbasis financial technology atau fintech menyediakan berbagai jenis Obligasi FR yang bisa dibeli oleh seluruh masyarakat dengan harga yang sangat kompetitif.

Sebagai contoh, seri FR0070 yang punya kupon tetap 8,375 persen per tahun, lalu ada FR0096 7 persen per tahun serta FR0097 7,125 persen per tahun.

Pemegang obligasi FR bisa mengetahui berapa yield yang akan mereka terima, asalkan memegangnya hingga jatuh tempo. Angkanya sudah dikunci, dan tidak akan berubah walaupun kondisi ekonomi naik turun.

“Dengan keamanan yang tinggi, yield yang menarik, dan likuiditas yang baik, Obligasi FR sangat cocok untuk investor yang ingin melindungi aset mereka dari inflasi dan mendapatkan passive income yang pasti,” ujar Head of Investment Research Bibit.id, Vivi Handoyo Lie melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 30 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya