Indonesia Punya Potensi Besar di Bidang Cybersecurity

Ilustrasi hacker.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta, 7 Desember 2023 – Cybersecurity alias keamanan siber adalah bidang yang fokus pada perlindungan sistem dan data dari serangan digital. Serangan digital bisa berupa malwarephishing atau ransomware.

Kiamat Diprediksi Ilmuwan Bakal terjadi Tahun 2026, Ini Penjelasannya

Di era digital saat ini, cybersecurity menjadi semakin penting. Hal ini karena semakin banyak orang yang menggunakan internet dan teknologi digital. Semakin banyak orang yang menggunakan internet dan teknologi digital, maka semakin besar pula potensi terjadinya serangan digital.

Serangan digital dapat menimbulkan berbagai kerugian, mulai dari kerugian finansial hingga kerugian reputasi. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu dan organisasi untuk menerapkan cybersecurity untuk melindungi sistem dan data mereka.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Indonesia memiliki potensi besar di bidang cybersecurity. Hal ini karena Indonesia memiliki sumber daya manusia yang berbakat dan kompeten di bidang ini.

Berdasarkan laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah tenaga kerja di bidang cybersecurity di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 1,7 juta orang. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi digital di Indonesia.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Selain itu, pemerintah Indonesia juga telah menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan bidang cybersecurity. Hal ini dibuktikan dengan dikeluarkannya berbagai kebijakan dan program untuk mendukung pengembangan cybersecurity di Indonesia.

Prestasi yang diraih oleh tim ITSEC Asia Tbk dalam kompetisi CTF Blackhat MEA merupakan bukti bahwa Indonesia memiliki potensi besar di bidang cybersecurity.

Tim ITSEC Asia Tbk berhasil meraih peringkat ke-23 dari 250 tim di seluruh dunia dalam kompetisi yang diikuti oleh tim-tim dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Jepang.

Pakar keamanan siber dan Komisaris PT ITSEC Asia Tbk, Andri Hutama Putra mengatakan bahwa keterampilan cybersecurity merupakan kunci dalam mempersiapkan generasi muda di Indonesia untuk mendorong keberhasilan transformasi digital

“Sebagai pemimpin industri, hal ini juga merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk mendorong inovasi dan kompetensi dalam menyediakan solusi keamanan informasi," ujarnya, dikutip VIVA tekno dari keterangan resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya