Ini Syarat Investor untuk Lahirkan Seribu Startup

Andi Boediman
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Sebagai perusahaan modal ventura, Ideosource mengapresiasi langkah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang berencana untuk menciptakan 1.000 perusahaan rintisan (startup) atau teknopreneur berkualitas pada tahun 2020.

Namun, disayangkan sampai saat ini, Ideosource belum melihat langkah kongkrit yang dicanangkan dan dilakukan oleh Kominfo dalam melahirkan seribu teknopreneur tersebut.

"Saya belum tahu, program startup segala macam itu saya belum melihat ada konkret," ujar Managing Partner Ideosource VC, Andi Boediman, saat ditemui di Tech In Asia Jakarta 2015, Balai Kartini, Jakarta, Rabu 11 November 2015.

Diberitakan sebelumnya, saat ini Kominfo sedang mencari dana sebesar US$1 miliar yang diperuntukkan 1.000 startup itu. Dana tersebut berasal dari pemerintah dan investor. Mengenai hal itu, Andi mengatakan kesiapannya membantu pemerintah.

"Kita open, kalau pemerintah memang mengajak, kita tertarik. Tapi kalau tidak pun kita akan tetap jalan," ungkap Andi.

Mengenai pencapaian seribu startup berkualitas lima tahun mendatang, Andi menilai bahwa hal itu bisa dilakukan. Namun, kata dia, ada yang perlu diperhatikan dalam melahirkan seribu teknopreneur itu.

"Logis, tapi untuk mendapatkan yang berkualitas seribu, maka harus punya yang tidak berkualitas sepuluh kali lipatnya. Kenapa?, karena arah bisnisnya sudah ke sana. Seperti UKM, 10 yang dibikin maka yang satu berhasil. Jadi yang digarap pemerintah bukan seribu, melainkan 10 ribu, supaya muncul seribu startup berkualitas," kata dia. (ren)

Startup Indonesia Gembira Bisa 'Naik Haji' ke Silicon Valley
Startup yang akan berguru ke markas Google

Enam Startup Indonesia Kembali Berguru ke Markas Google

Ini merupakan gelombang kedua startup Indonesia yang digembleng Google

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016