WhatsApp Bisa Dipakai di Ponsel Jadul, Tunggu 20 September 2018

Jio Phone 2.
Sumber :
  • Livemint

VIVA – Vendor ponsel asal India Reliance Jio mengklaim bahwa ponsel jadul atau feature phone milik mereka, Jio Phone, yang sudah bisa menggunakan aplikasi WhatsApp. Namun, pengguna harus bersabar menunggu pengumuman resminya pada 20 September mendatang.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Sebelumnya, WhatsApp hanya bisa digunakan untuk Android dan iOS. Mengutip situs Gadgets.ndtv, Rabu, 12 September 2018, Jio Phone mampu menggabungkan fungsi ponsel biasa atau feature phone dengan ponsel pintar atau smartphone.

Feature phone identik dengan ponsel jadul dan lemot atau lemah koneksi. Awalnya, pengembang Jio Phone, KaiOS, memulai debutnya pada 15 Agustus lalu, akan tetapi diundur hingga 20 September.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

KaiOS juga memastikan user interface (UI) atau antarmuka pengguna untuk setiap aplikasi telah dibuat sesederhana mungkin dan dioptimalkan untuk perangkat low-end.

Karena, Jio Phone berbentuk feature phone sehingga perlu menekan beberapa tombol untuk melakukan aktivitas menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Sedangkan, kebanyakan orang sudah terbiasa menggunakan layar sentuh atau touch screen untuk menggunakan ketiga aplikasi tersebut.

Aplikasi WhatsApp.

Wakil Presiden WhatsApp, Chris Daniels, pada Senin malam, 10 September kemarin, mengatakan bahwa aplikasi mereka bisa dipakai untuk semua pengguna Jio Phone pada 20 September.

Pengguna bisa mengunduh versi WhatsApp yang dirancang khusus pada ponsel Jio Phone dan Jio Phone 2 mereka dengan mengunjungi JioStore.

Ia mengatakan, mirip dengan versi untuk Android dan iPhone, WhatsApp untuk Jio Phone diklaim memiliki enkripsi end-to-end di mana memungkinkan pengguna merekam dan mengirim pesan suara.

Pengguna juga dapat menyimpan percakapan secara berkelompok. Akan tetapi, pengguna tidak bisa melakukan panggilan suara maupun video.

Aplikasi ini, menurut Daniels, juga tidak bisa dipakai untuk melakukan pembayaran – salah satu fitur utama yang baru-baru ini datang di perangkat Android dan iOS pada iPhone, meskipun dalam bentuk beta.

"Jutaan orang di seluruh India kini dapat menggunakan pesan pribadi WhatsApp di Jio Phone. Dengan merancang aplikasi baru ini untuk KaiOS, kami berharap dapat memperluas kemampuan orang-orang untuk berkomunikasi dengan siapa pun di India dan di seluruh dunia dengan menawarkan pengalaman perpesanan terbaik bagi pengguna Jio Phone," jelasnya.

WhatsApp sudah memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif bulanan di India. Basis pengguna ini kemungkinan akan mencapai ketinggian baru dengan debut WhatsApp di Jio Phone yang sejauh ini memimpin di pasar ponsel berfitur di Negeri Bollywood itu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya