Logo BBC

NASA Tiba di Objek Terjauh Antariksa 6,5 Miliar KM, Begini Kondisinya

Ilmuwan Alan Stern dan Alice Bowman bersukacita setelah menerima sinyal dari New Horizons. - NASA HQ
Ilmuwan Alan Stern dan Alice Bowman bersukacita setelah menerima sinyal dari New Horizons. - NASA HQ
Sumber :
  • bbc

Setelah menempuh perjalanan selama 13 tahun, wahana luar angkasa New Horizons milik NASA dipastikan berhasil melintasi Ultima Thule, objek angkasa terjauh yang pernah dieksplorasi sepanjang sejarah.

Tepuk tangan dan sorak sorai menggema di ruang pengendali misi di Laboratorium Fisika Terapan, Universitas Johns Hopkins, Negara Bagian Maryland, AS, setelah diumumkan bahwa wahana itu berfungsi dengan baik, dan berhasil mengumpulkan foto-foto dan data dari objek yang dikenal dengan nama Ultima Thule.

"Kami memiliki wahana luar angkasa yang berada dalam kondisi sehat. Kami telah mencapai penerbangan terjauh," kata Manajer Operasional Misi, Alice Bowman.

Posisi Ultima Thule sendiri berada sejauh 6,5 miliar kilometer dari Bumi. Karena jarak yang sedemikian jauh, pesan kiriman New Horizons baru bisa diterima sejumlah antena besar milik badan antariksa AS (NASA) di Madrid, Spanyol, dalam enam jam dan delapan menit.

NASA mengatakan data yang akan dikirim ke Bumi dalam bulan-bulan mendatang, akan meningkatkan pemahaman tentang asal-usul tata surya kita.


- BBC

Ultima Thule berada di kawasan yang dikenal dengan sebutan Sabuk Kuiper, kumpulan materi beku yang mengelilingi Matahari lebih jauh 2 miliar kilometer ketimbang Neptunus dan 1,5 miliar kilometer lebih jauh dari Pluto yang dikunjungi New Horizons pada 2015.