Mahasiswa Indonesia Ciptakan Perawat Kebal Virus untuk Pasien COVID-19

Robot Rama.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/antv/tvOne

VIVA – Mahasiswa Indonesia berhasil menciptakan perawat kebal virus untuk pasien COVID-19. Namanya Rama atau Robot Asisten Medis Autonomus.

60 Makam Pasien Covid-19 di Tasikmalaya Amblas

Adalah tim robotik Politeknik Negeri Semarang, Jawa Tengah berhasil membuat robot berbentuk seperti rak makanan yang biasa digunakan perawat atau suster mengantar makanan dan obat-obatan di rumah sakit.

Menurut salah satu tim pembuat Robot Rama, Abbas Kiarostami, ide pembuatannya berawal dari rasa keprihatinan karena banyaknya tenaga medis yang gugur saat menjalankan tugas mulianya melayani pasien COVID-19.

Dinkes DKI Jakarta: 34 Orang Positif COVID Varian Orthrus Sembuh

Selain itu, penggunaan alat pelindung diri (APD) yang sangat tinggi membuat banyak rumah sakit kekurangan akan alat tersebut.

Robot Rama.

China Laporkan 60 ribu Kematian Akibat COVID-19 Dalam Sebulan

"Dilihat sepintas benda ini tidak seperti robot pada umumnya yang punya kepala, kaki, dan tangan. Tapi robot yang diberi nama Rama ini bentuknya menyerupai rak makanan untuk pasien. Bedanya, yang ini bisa berjalan sendiri sehingga aman saat mengantar kebutuhan pasien penyakit menular seperti COVID-19," kata Abbas, Senin, 20 Juli 2020.

Proses pembuatan Robot Rama memakan waktu sekitar satu bulan dengan biaya riset yang dikeluarkan sekitar Rp25 juta. Robot Rama kemudian diperkenalkan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Saat dicoba, Robot Rama sangat lancar mengantar makanan, obat-obatan, dan kebutuhan pasien COVID-19. Selain itu robot ini juga dilengkapi dengan tablet yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Jadi, pasien bisa melakukan video call dengan perawat atau dokter melalui layar tablet yang menempel di robot itu," jelas Abbas.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno, Kontributor tvOne Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya