Logo BBC

Begini Rasanya Tinggal di Desa yang Suhunya Paling Dingin di Bumi

Desa Verkhoyansk di Rusia timur.
Desa Verkhoyansk di Rusia timur.
Sumber :
  • bbc

Desa Verkhoyansk di Rusia timur mendapat julukan salah satu desa paling dingin di muka Bumi, karena suhu udara bisa mencapai minus 67,8 derajat Celsius.

Gelar resmi sepertinya belum dikukuhkan karena ada desa lain, Oymyakon, juga di Rusia timur, yang ingin mendapat atribut sebagai desa paling dingin di muka bumi.

Di Omyakon, suhu udara pernah mencapai minus 65 derajat Celsius, yang dicatat pada Januari 1973. Suhu minus 50 derajat Celsius adalah hal yang lumrah bagi warga Omyakon dan anak-anak di sini tetap ke sekolah seperti biasa.

Kegiatan belajar mengajar baru akan ditutup jika suhu udara di bawah minus 52 derajat Celsius. Meski Verkhoyansk belum resmi menyandang atribut sebagai desa paling dingin, warga di sini bisa merasa senang karena Guinness World Record sudah menetapkan Verkhoyansk sebagai tempat dengan rentang temperatur paling ekstrem di dunia.

Di Verkhoyansk, suhu di musim dingin bisa mencapai minus 67,8 derajat Celsius, sementara di musim panas temperatur melonjak ke 37,3 derajat. Dengan suhu minus 60 derajat Celsius, bagaimana kehidupan di tempat ini?

Baterai hanya tahan beberapa menit, tinta pena membeku

Temperatur begitu dingin, sehingga baterai hanya bertahan beberapa menit saja. Tinta pena membeku sebelum pena bisa dipakai untuk menulis dan memakai bingkai kacamata berbahan logam juga sangat tidak dianjurkan karena bisa berbahaya.