Belalang Setan, Benarkah Seseram Namanya

Belalang Setan.
Belalang Setan.
Sumber :
  • Thailand Nature Project

VIVA Tekno – Belalang merupakan hewan herbivora yang dapat dijumpai di hutan, kebun, persawahan, atau bahkan halaman rumah.

Mengutip Wikipedia, belalang adalah serangga dari subordo Caelifera dalam ordo Orthoptera. Serangga ini memiliki antena yang hampir selalu lebih pendek dari tubuhnya dan juga memiliki ovipositor pendek.

Suara yang ditimbulkan beberapa spesies belalang biasanya dihasilkan dengan menggosokkan femur belakangnya terhadap sayap depan atau abdomen (disebut stridulasi), atau karena kepakan sayapnya sewaktu terbang.

Femur belakangnya umumnya panjang dan kuat yang cocok untuk melompat. Belalang setan atau nama ilmiah Aularches miliaris misalnya.

Serangga ini merupakan anggota Famili Pyrgomorphidae dan ordo Orthoptera. Kepala dan toraksnya berwarna gelap kebiruan dan bagian lateralnya (pinggir) berwarna kuning cerah.

Adapun abdomen (bagian tubuh di belakang dada atau toraks) bagian tergit dan sternit berseling merah dan kuning. Menurut artikel dalam situs biologi.ugm.ac.id, Rabu, 7 Desember 2022, warna-warni badan belalang setan sebagai peringatan untuk menjauhkan diri dari predator.

Belalang Setan.

Belalang Setan.

Photo :
  • Wikipedia
Halaman Selanjutnya
img_title