Isaac Newton, Fisikawan yang Alami Gangguan Saraf

Isaac Newton.
Sumber :
  • Lukas Kutschera

VIVA Tekno – Isaac Newton yang mempunyai nama lengkap Sir Isaac Newton, lahir pada 25 Desember 1642 di Woolsthorpe, Lincolnshire, Inggris. Dia merupakan fisikawan dan matematikawan Inggris, juga tokoh puncak dari Revolusi Ilmiah abad ke-17.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Di bidang optik, penemuannya tentang komposisi cahaya putih yang mengintegrasikan fenomena warna ke dalam ilmu cahaya dan menjadi dasar bagi optik fisik modern.

Dalam mekanika, tiga hukum geraknya merupakan prinsip dasar fisika modern yang menghasilkan perumusan hukum gravitasi universal.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Sementara dalam matematika, dia adalah penemu asli kalkulus yang sangat kecil. Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (Mathematical Principles of Natural Philosophy, 1687) adalah salah satu karya tunggal terpenting dalam sejarah sains modern.

Isaac Newton lahir dari Hannah Ayscough di dusun Woolsthorpe. Ayahnya yang juga bernama Isaac Newton meninggal dua bulan sebelum hadir di dunia. Pada tahun yang sama, di Arcetri dekat Florence, Galileo Galilei meninggal dunia.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Ia diperkirakan tidak akan bertahan hidup di hari pertama kehidupannya karena dia lahir prematur. Selain ditinggalkan ayahnya, Ayscough juga kemudian menikah lagi dengan Barnabas Smith, meninggalkan Newton muda bersama neneknya dan pindah ke desa tetangga.

Buku Philosophiae Naturalis Principia Mathematica milik Isaac Newton.

Photo :
  • U-Report

Selama sembilan tahun sampai kematian Barnabas Smith pada tahun 1653, Isaac secara efektif dipisahkan dari ibunya, dan kecenderungan psikotiknya yang menonjol dianggap berasal dari peristiwa traumatis ini, bahwa dia membenci ayah tirinya.

Ketika dia memeriksa keadaan jiwanya pada tahun 1662 dan menyusun katalog dosa dengan singkat, dia ingat telah mengancam ayah dan ibunya untuk membakar mereka dan rumahnya.

Rasa tidak aman yang akut membuatnya sangat cemas ketika karyanya diterbitkan dan kekerasan yang tidak rasional menemani Newton sepanjang hidupnya dan secara masuk akal dapat ditelusuri ke tahun-tahun awalnya.

Setelah ibunya menjanda untuk kedua kalinya, dia memutuskan bahwa putra sulungnya itu harus mengelola hartanya yang sekarang cukup besar. Namun ini menjadi bencana, baik untuk perkebunan maupun untuk Isaac Newton.

Ia tidak bisa memaksa dirinya untuk berkonsentrasi pada urusan pedesaan di mana dia harus menjaga ternak dan Newton akan meringkuk di bawah pohon dengan sebuah buku.

Ilustrasi Isaac Newton.

Photo :
  • U-Report

Untungnya kesalahan itu dikenali dan Newton dikirim kembali ke sekolah tata bahasa di Grantham, tempat dia pernah belajar untuk mempersiapkan universitas.

Seperti banyak ilmuwan terkemuka pada zaman itu, dia meninggalkan anekdot di Grantham tentang kemampuan mekaniknya dan keahliannya dalam membuat model mesin, seperti jam dan kincir angin.

Pada Juni 1661, dia diterima sebagai mahasiswa Universitas Trinity, Cambridge dengan usia yang agak lebih tua dari mahasiswa sarjana lainnya karena pendidikannya yang sempat terputus.

Ketika Newton tiba di Cambridge pada tahun 1661, gerakan yang sekarang dikenal sebagai Revolusi Ilmiah telah berkembang dengan baik dan banyak karya dasar ilmu pengetahuan modern telah muncul.

Para astronom dari Nicolaus Copernicus hingga Johannes Kepler telah mengelaborasi sistem heliosentris alam semesta. Dipimpin oleh Rene Descartes, para filsuf mulai merumuskan konsepsi baru tentang alam sebagai mesin yang rumit dan impersonal, melansir dari situs Britannica, Selasa, 3 Januari 2023.

Lukisan Isaac Newton karya Godfrey Kneller.

Photo :
  • Wikipedia Common

Namun sejauh menyangkut universitas-universitas di Eropa, termasuk Cambridge, semua ini mungkin tidak akan pernah terjadi.

Mereka terus menjadi kubu ketinggalan zaman Aristotelianisme yang bertumpu pada pandangan geosentris tentang alam semesta dan menangani alam secara kualitatif daripada kuantitatif.

Seperti ribuan sarjana lainnya, Newton memulai pendidikan tingginya dengan membenamkan dirinya dalam karya Aristoteles. Meskipun filosofi baru tidak ada dalam kurikulum, itu ada di udara.

Beberapa waktu selama karir sarjananya, Newton menemukan karya filsuf alam Prancis Descartes dan filsuf mekanik lainnya, yang berbeda dengan Aristoteles, memandang realitas fisik seluruhnya yang terdiri dari partikel materi yang bergerak dan berpendapat bahwa semua fenomena alam dihasilkan dari interaksi mekanis mereka.

Satu set catatan baru yang dia beri judul 'Quaestiones Quaedam Philosophicae' (Certain Philosophical question), dimulai sekitar tahun 1664.

Di bawah judul ia memasukkan slogan 'Amicus Plato amicus Aristoteles magis amica veritas' (Plato adalah temanku, Aristoteles adalah temanku, tetapi sahabatku adalah kebenaran). Dari sini karier ilmiah Newton telah dimulai.

The Quaestiones mengungkapkan bahwa Newton telah menemukan konsepsi baru tentang alam yang memberikan kerangka Revolusi Ilmiah. Dia benar-benar menguasai karya-karya Descartes dan juga menemukan filsuf Prancis itu.

Pohon apel yang mengilhami Isaac Newton

Photo :
  • www.york.ac.uk

Newton juga telah memulai studi matematikanya. Dia memulai dengan Descartes, dari La Geometrie yang bercabang ke literatur analisis modern lainnya dengan penerapan teknik aljabar untuk masalah geometri. Dia juga kemudian mendukung geometri klasik.

Dalam waktu kurang dari setahun, Newton telah menguasai literatur dan mengikuti garis analisisnya sendiri lalu mulai pindah ke wilayah baru.

Dia kemudian menemukan teorema binomial dan mengembangkan kalkulus, bentuk analisis yang lebih kuat menggunakan pertimbangan sangat kecil dalam menemukan kemiringan kurva dan area di bawah kurva.

Ketika ibu Newton jatuh sakit parah karena demam ganas pada tahun 1689, yang diyakini sebagai demam tifoid, dia merawatnya dengan sangat hati-hati dan terampil. Tapi kemudian meninggal di usia 56 tahun.

Sementara itu, jam kerja Newton yang tidak teratur, pekerjaannya yang terus menerus di The Principia, kegelisahannya saat mencari posisi baru membuatnya mengalami gangguan saraf pada tahun 1693.

Setelah lima malam tidur 'tidak sekejap pun', dia tampaknya kehilangan kendali atas semua kenyataan dan yakin bahwa teman-teman dekatnya bersekongkol melawannya.

Isaac Newton mengalami dua gangguan saraf yang dikaitkan juga dengan keracunan logam, khususnya dari merkuri dan juga dari timbal, yang sering dia gunakan dalam eksperimen alkimia.

Menyusul gangguan sarafnya pada tahun 1693, pemulihan yang memakan waktu 18 bulan, Newton pensiun dari penelitian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya