Bocah Jenius Nono dari NTT Juara Dunia Matematika, AS dan Qatar Takluk

Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay atau Nono, Juara Dunia Matematika asal NTT.
Sumber :
  • YouTube Biro Umum Setda Provinsi NTT

VIVA Tekno – Viral seorang siswa asal Nusa Tenggara Timur (NTT) menjuarai kompetisi matematika tingkat dunia, International Abacus World Competition, Abacus Brain 2022.

Blak-blakan Wakil Bupati Manggarai NTT Pecah Kongsi dengan Bupati

Seperti diketahui bahwa Abacus World Competition 2022 merupakan kompetisi matematika dan sempoa tingkat dunia yang diselenggarakan Abacus Brain Gym (ABG).

Dalam kompetisi tersebut, bocah jenius yang diketahui bernama Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay (8) mampu mengalahkan tujuh ribu peserta dari berbagai negara, termasuk Qatar dan Amerika Serikat (AS).

Viral Video Bocah Bojonggede Nangis Minta Makan, Pengunggah Minta Maaf ke Pihak Kecamatan

Bocah SD Asal NTT Juara Dunia Matematika Kalahkan 7.000 Peserta

Photo :
  • Instagram @viktorbungtilulaiskodat
Gunung Ile Lewotolok Erupsi Setinggi 900 Meter, Menurut Pos Pengamatan

Nono, sapaan akrab Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay, menjadi satu-satunya asal Indonesia yang mampu meraih peringkat pertama pada kompetisi tersebut semenjak ABG didirikan pada 2003 silam.

 

Bocah jenius itu merupakan salah satu siswa Kelas 2 SD Inpres Buraen 2, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, NTT.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, Kupang merupakan salah satu Kabupaten termiskin di NTT. Prestasi Nono ini pun turut diapresiasi dari berbagai pihak termasuk Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

 

“Saya senang dan bangga melihat anak seperti Nono atau Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay, siswa kelas 2 SD Inpres Buraen 2, Amarasi Selatan, yang meraih posisi pertama dalam kompetisi tingkat dunia Abacus Brain Gym tahun 2022,” kata dia, dalam sebuah keterangan di Instagram miliknya.

Menurut Viktor, prestasi ini tidak hanya membanggakan NTT melainkan Indonesia dan dunia. Gubernur NTT Viktor Laiskodat juga menyampaikan terima kasih atas peran guru dalam mencerdaskan anak bangsa.

“Nono membanggakan NTT dan juga dunia. Tentunya ini tidak terlepas dari peran guru yang sangat penting dalam membangun anak yang cerdas dan mandiri,” tegas dia.

Bocah SD Asal NTT Juara Dunia Matematika Kalahkan 7.000 Peserta

Photo :
  • Instagram @viktorbungtilulaiskodat

Nono menyabet juara 1 setelah berhasil menyelesaikan 15.201 file soal. Dalam satu file terdiri 10 soal, sehingga total soal yang diselesaikan dalam waktu satu tahun sebanyak 152.010 soal yang diujikan dalam bentuk virtual dan listening dalam Bahasa Inggris.

Sementara juara 2 di raih peserta asal Qatar, dan juara ketiga diraih peserta asal AS. Acara penyerahan Abacus Brain Gym Award 2022 kepada Nono atau Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay dihadiri Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Bupati Kupang Korinus Masneno, Pendiri ABG AS Juli Agustar Djonli dan Pendiri ABG Indonesia Aguslina Angkasa pada 10 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya