Pesawat Dilarang Melintas di Atas 6 Tempat Ini, Kabah Sudah Pasti

Pembatas Kabah dihilangkan, jemaah umrah leluasa mencium Hajar Aswad.
Sumber :
  • Reasahalharamain

VIVA Tekno – Ada beberapa tempat yang tidak boleh dilintasi pesawat, salah satunya adalah Ka'bah yang berada di Mekah. Pertimbangan larangannya adalah karena faktor agama, situs suci agama Islam hingga pusat ziarah haji.

Zita Anjani Pamer Starbucks di Mekkah, Netizen Ramai Berkomentar!

Selain Kabah, ada beberapa tempat lainnya yang tidak boleh dilintasi pesawat, dikutip dari situs Times Travel, Minggu, 23 April 2023, berikut daftarnya.

Kabah

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Kemunculan burung di atas Kabah.

Photo :

Situs agama dan sejarah yang sangat penting ini tidak boleh dilintasi pesawat sehingga tidak ada satu pun kendaraan udara berpenumpang itu terbang di atas Mekah. Jika ada penumpang atau pilot terbang di atas tempat ini, mereka bisa terkena sanksi dan denda.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Disney Park

Hong Kong Disneyland Park

Photo :
  • www.hongkongdisneyland.com

Beberapa tempat wisata, termasuk Disney Park, memperketat pengamanannya untuk memastikan keselamatan para pengunjung. Kabarnya, tidak ada pesawat yang diizinkan terbang dalam jarak 3.000 kaki dari Disneyland di California atau Walt Disney World di Florida. Meskipun awalnya merupakan larangan sementara, aturan tersebut menjadi permanen pada 2003.

Tibet

VIVA Militer: Gunung Kailash, Daerah Otonomi Tibet, China

Photo :
  • The Daily Reformer

Tibet dianggap sebagai salah satu daerah paling tinggi di dunia, dengan ketinggian rata-rata di wilayah tersebut mencapai sekitar 16.000 kaki. Letak geografisnya itu membuat Tibet menjadi salah satu wilayah di dunia yang memiliki zona larangan terbang alami, karena berbagai faktor seperti pegunungan tinggi.

Meski sebagian besar pesawat komersial mampu terbang pada ketinggian di atas pegunungan, rute penerbangan biasanya menghindari pegunungan tinggi di kawasan tersebut demi keselamatan penumpang.

Machu Picchu

Machu Picchu di Peru.

Photo :
  • U-Report

Signifikansi sejarah dan budaya dari tempat ini tidak dapat diabaikan, begitu juga dengan jumlah kehidupan satwa liar dan tumbuhan langka yang hanya tumbuh di sini. Sesuai laporan, pesawat saat ini dilarang terbang di atas wilayah tersebut, merupakan langkah yang untuk menjaga daerah ini sebersih mungkin dari polusi.

Juga, jika studi dilakukan, saat pesawat memerlukan pendaratan darurat atau jatuh di wilayah tersebut, itu akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada ekosistemnya.

Taj Mahal

Bangunan indah Taj Mahal.

Photo :
  • U-Report

Taj Mahal tidak diragukan lagi sebagai salah satu karya arsitektur paling ikonik dan terindah di dunia. Dibangun dari tahun 1632 hingga 1653, UNESCO mengakui pentingnya bangunan tersebut dan menetapkannya sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1983.

Ada laporan, Pemerintah India menetapkan zona larangan terbang di wilayah tersebut pada tahun 2006 terutama untuk melindungi bangunan tersebut dan jumlah wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

Area 51

Area 51.

Photo :
  • http://www.avanoustic.com

Pangkalan militer terkenal ini pernah diincar gerombolan orang yang berencana menyerbunya pada tahun 2019, berharap untuk melihat bukti dari alien. Dikatakan zona larangan terbang juga mencakup beberapa lokasi militer lainnya.

Sebagian besar area di sekitarnya dibatasi untuk perjalanan udara. Penerbangan yang diizinkan terbang ke Area 51 harus berasal dari Bandara Internasional McCarran Las Vegas. Pesawat itu sendiri harus menggunakan tanda panggil "Janet" untuk mendapatkan izin memasuki wilayah udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya